Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juni 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Sepatu Lari?

Topcareer.id – Sepasang sepatu olahraga yang baru adalah hal yang luar biasa, terlepas apakah kamu seorang pelari atau penggemar olahraga intensitas tinggi (HIIT). Tetapi karena sepatumu menyerap dampak dari sprint, jongkok, dan lompatan, sepatu itu akan aus seiring waktu dan perlu diganti.

Tentu mengganti sepatu baru karena sepatu lama tidak lagi melindungi kakimu dengan benar. Idealnya, kamu perlu mengganti sepatu kets sebelum ini terjadi untuk menghindari cedera. Seberapa sering kamu perlu mengganti sepatu lari atau sepatu olahraga? Melansir HuffPost, ini jawabannya.

Seberapa sering harus membeli sepatu sneakers baru?

Jawaban yang tepat akan tergantung pada sejumlah faktor, tetapi secara umum, para ahli merekomendasikan untuk mengganti sepatumu setiap 300 hingga 500 mil (itu berguna jika kamu menggunakan aplikasi untuk melacak larimu).

Atau setiap enam hingga delapan bulan, mana saja yang lebih dulu. Untuk individu super aktif, kerangka waktu ini mungkin sesingkat tiga bulan. Mengganti sneakersmu termasuk dalam kisaran ini akan tergantung pada hal-hal seperti frekuensi penggunaan dan jenis aktivitas.

Misalnya, Dr. Saylee Tulpule, ahli penyakit kaki untuk Spesialis Kaki dan Pergelangan Kaki dari Atlantik Tengah, mengatakan bahwa seseorang yang melakukan latihan HIIT beberapa kali seminggu perlu mengganti sepatunya lebih sering daripada seseorang yang berjalan santai selama 30 menit beberapa kali per minggu.

“Ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan juga, seperti bahan sepatu, medan yang dilalui pelari (treadmill versus trail) dan berat badan serta tipe kaki seseorang (datar versus lengkungan tinggi),” kata Tulpule.

Bahkan jika kamu tidak melacak jarak, ada tanda-tanda fisik yang menunjukkan sudah waktunya untuk membeli sepasang sepatu sneakers baru. Fleksibilitas yang berlebihan adalah salah satunya.

Baca juga: Latihan Lompat Tali Bakar Lebih Banyak Kalori Daripada Jogging

“Sepatu lari dirancang agar fleksibel di bagian kaki depan karena di situlah tulangmu menekuk, jadi jika kamu melihat fleksibilitas di bagian kaki depan, itu bukan masalah besar,” Brittany Gleaton, manajer lini produk alas kaki di Brooks Running, kepada HuffPost.

“Tetapi jika mulai melentur di bagian tengah kaki dan tumit, itu pertanda bahwa kamu membutuhkan sepatu baru karena sepatu tidak dirancang untuk fleksibel di bagian kaki tersebut.”

Tidak yakin apakah sepatumu terlalu lentur? Dr. Wenjay Sung, ahli penyakit kaki di Rumah Sakit Methodist California Selatan di Arcadia, California, merekomendasikan untuk mengambil setiap sepatu di tanganmu dan memelintirnya.

“Jika sepatu terasa lemah, seolah-olah putaran sederhana pergelangan tangan bisa membuatnya tidak sejajar, maka sudah waktunya untuk mengganti sepatu sneakersmu. Bahkan jika satu sepatu masih kuat sementara yang lain lemah, adalah bijaksana untuk mengganti kedua sepatu,” kata Sung.

Keausan berlebihan pada sol luar sepatu adalah tanda bahaya lainnya. Ini bisa berupa tapak yang aus atau bahkan hilang di beberapa bagian.

“Biasanya, midsole akan rusak sebelum outsole. Jika kamu melihat keausan di kulit atau bahkan busa di bagian luar sepatu, itu pertanda bahwa midsole mungkin sudah rusak,” kata Gleaton.**(Feb)

Tinggalkan Balasan