Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Terjebak Utang Pinjaman Online? Ini Tips Mengatasinya

Stres

Topcareer.id – Kemajuan teknologi internet akhir-akhir ini telah mendorong booming kemunculan berbagai macam aplikasi teknologi keuangan (fintech).

Banyak aplikasi fintech memberikan pinjaman uang tunai dengan sangat mudah. Hasilnya, jadi banyak masyarakat yang awam oleh perbankan yang bisa pinjam uang.

Minimnya pengetahuan masyarakat terhadap fintech pinjol ini banyak yang justru menjerumuskan diri mereka sendiri.

Akses yang lebih mudah untuk meminjam uang, bisa menyebabkan malapetaka finansial gara-gara pinjaman online.

Apabila kamu sekarang tengah menghadapi masalah serupa, segeralah mencari jalan keluar yang tepat agar permasalahan pinjaman online lekas selesai.

Berikut ini tips agar kamu bisa keluar dari jebakan pinjaman online.

Buat daftar utang
Tulis pokok pinjaman, bunga, tenor pelunasan dan tenggat waktu pembayaran dari semua utang yang kamu miliki.

Dari daftar utang tersebut, tentukan untuk melunasi pinjaman dari bunga tertinggi atau dari yang terendah terlebih dahulu.

Melunasi pinjaman dengan bunga paling besar menghindari tagihan semakin menggunung.

Melunasi pinjaman dengan pokok paling kecil juga membuatmu lebih cepat terbebas dari tanggungan utang.

Jangan ajukan pinjaman baru
Penyebab seseorang terjebak dalam utang berkepanjangan adalah melakukan gali lubang tutup lubang dengan membuat pinjaman baru saat pinjaman lama belum lunas.

Atur keuangan dan pengeluaran
Coba hilangkan pengeluaran yang tidak perlu dan cari cara untuk tambahan pendapatan. Hal ini penting agar kamu memiliki lebih banyak dana untuk membayar cicilan.

Cara lain dalam keadaan mendesak, kamu juga dapat menjual ataupun menggadaikan beberapa aset berharga untuk membantu melunasi tagihan.

Baca juga: Pengaruh Fintech Bagi Industri Perbankan

Komitmen melunasi hutang
Saat mencari jalan keluar dari jebakan fintech pinjol, kamu harus sudah memiliki komitmen untuk melunasinya sesuai ketentuan hingga tuntas.

Jika semakin sulit untuk dilunasi, cobalah buka komunikasi itikad baik dengan pihak pemberi pinjaman tentang kondisi keuangan kamu saat ini.

Bunga dari pinjol memang cukup tinggi sehingga perlu pertimbangan yang cukup matang.

Kedepannya, jadikan pinjaman online hanya sebagai pilihan terakhir, pilihlah bantuan finansial lainnya yang lebih menguntungkan.

Minta bantuan keluarga
Jika kamu sudah menghitung aset yang sekiranya bisa untuk membayar tunggakan utang, tapi,ternyata masih belum mencukupi.

Jalan berikutnya yang perlu kamu upayakan adalah berusaha meminta bantuan keluarga atau kerabat terdekat agar mau memberikan pinjaman lunak.

Memiliki tunggakan utang memang seperti menanggung aib memalukan. Tapi, ketika kondisi sudah tidak dapat kamu tanggung sendiri, lebih baik kamu terbuka pada keluarga dan kerabat terdekat.

Bicarakan situasi yang kamu hadapi dan mintalah bantuan mereka. Ingat, karena sifat bantuan keluarga adalah pinjaman, kamu pun harus komitmen untuk membayar bantuan tersebut.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan