Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Meningkatkan Soft Skill di Tempat Kerja (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Multibriefs)

Topcareer.id – Manajer mempekerjakan individu di tempat kerja berdasarkan soft skill dan bagaimana mereka menampilkan diri selama proses wawancara.

Mereka berusaha membangun tim kerja dengan orang-orang yang lengkap dan memiliki soft skill yang akan membantu departemen mereka untuk berhasil.

Hard skill dan soft skill penting untuk dipertimbangkan saat menentukan perekrutan dan memutuskan siapa yang mendapatkan peran kepemimpinan dan promosi.

Soft skill adalah keterampilan yang kamu miliki yang melampaui kemampuan teknis dan terukur kamu.

Keterampilan lunak di tempat kerja lebih fokus pada keterampilan sosial, kepemimpinan, komunikasi, dan pemecahan masalah.

Keterampilan lunak adalah bagaimana kamu bisa bekerja dengan orang lain dan diri kamu sendiri di tempat kerja.

Berikut ini adalah 11 langkah untuk meningkatkan keterampilan lunak kamu di tempat kerja.

Bagian pertama dari artikel:

1) Terbuka untuk umpan balik
Sebagian besar peningkatan keterampilan lunak kamu adalah bersikap terbuka terhadap umpan balik yang mungkin kamu terima dari siapapun.

Ketika kamu terbuka untuk umpan balik, kamu bisa lebih mampu menerima kritik yang membangun dan meningkatkan peran di tempat kerja.

2) Sering-seringlah berkomunikasi
Komunikasi yang efektif adalah soft skill yang bermanfaat bagi semua orang di tempat kerja.

Meskipun kamu mungkin memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak memerlukan bantuan orang lain di kantor, ambillah kesempatan untuk menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar.

Sering-seringlah berkomunikasi untuk mengembangkan soft skill ini. Ini termasuk komunikasi tatap muka, melalui email dan dalam presentasi ke grup.

3) Tekankan kerja tim
Ketika kamu terlibat dalam kerja tim yang baik, kamu menunjukkan kepada atasan bahwa kamu hebat dalam berkolaborasi dengan orang lain.

Kerja tim dapat terjadi dalam pengaturan grup untuk presentasi atau satu lawan satu dengan rekan kerja lain untuk menyelesaikan tugas bersama.

Ketika kamu menekankan kerja tim, kamu membuka diri untuk belajar peluang dari rekan kerja Anda sambil meningkatkan keterampilan.

Baca juga: 5 Soft Skill Kepemimpinan untuk Bangun Tim yang Solid

4) Bangun hubungan positif
Banyak soft skill yang kamu gunakan di tempat kerja bergantung pada hubungan yang kamu miliki dengan karyawan dan manajer lain.

Kamu dapat membangun hubungan positif dengan rekan kerja dengan terlibat dalam percakapan yang tulus.

Cobalah untuk menemukan cara untuk terhubung dengan mereka melalui pengalaman bersama.

5) Keluar dari zona nyaman
Seperti apa pun yang ingin kamu tingkatkan, penting untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan mengambil sesuatu yang baru.

Ini mungkin pengaturan baru, tanggung jawab baru atau peran kepemimpinan. Kamu bahkan dapat menawarkan diri untuk menjadi orang di grup yang akan memberikan presentasi proyek.

6) Bersiaplah untuk belajar
Saat kamu menjalani proses peningkatan soft skill apa pun, kamu mungkin mengalami kemunduran, tetapi kemungkinan kamu juga akan menemui keberhasilan.

Dalam kedua kasus tersebut, yang penting adalah kamu belajar dari mereka.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan