Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Meningkatkan Soft Skill di Tempat Kerja (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Evening Standard)

Topcareer.id – Manajer mempekerjakan individu di tempat kerja berdasarkan soft skill dan bagaimana mereka menampilkan diri selama proses wawancara.

Mereka berusaha membangun tim dengan orang-orang yang lengkap dan memiliki soft skill yang akan membantu departemen mereka untuk berhasil.

Hard skill dan soft skill penting untuk dipertimbangkan saat menentukan perekrutan dan memutuskan siapa yang mendapatkan peran kepemimpinan dan promosi.

Soft skill adalah keterampilan yang kamu miliki yang melampaui kemampuan teknis dan terukur kamu.

Keterampilan lunak di kantor lebih fokus pada keterampilan sosial, kepemimpinan, komunikasi, dan pemecahan masalah.

Soft skill adalah bagaimana kamu bisa bekerja dengan orang lain dan diri kamu sendiri di kantor.

Berikut ini adalah 11 langkah untuk meningkatkan soft skill kamu di kantor.

Bagian kedua dari artikel:

7) Beradaptasi dengan perubahan tempat kerja
Sudah umum bagi perusahaab untuk mengalami fluktuasi dalam segala hal mulai dari staf kantor hingga prosedur organisasi.

Salah satu cara untuk meningkatkan soft skill kamu di tempat kerja adalah dengan beradaptasi.

Kemampuan beradaptasi juga merupakan soft skill yang penting sehingga kamu dapat menemukan solusi alternatif untuk setiap masalah di tempat kerja.

8) Amati orang lain
Salah satu cara terkuat meningkatkan soft skill adalah dengan mengamati orang lain di sekitar tempat kerja.

Ini bisa berarti memperhatikan manajer, rekan kerja, dan karyawan dari departemen lain. Amati cara mereka menyelesaikan tugas.

Perhatikan juga bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain dan proses individu mereka, yang mungkin melibatkan banyak soft skill.

Baca juga: 5 Tips Menghilangkan Sikap Negatif di Tempat Kerja

9) Bekerja melalui konflik
Tidak jarang terjadi konflik di kantor, tetapi bagaimana kamu mengatasinya adalah yang terpenting.

Ketika konflik muncul, pikirkan cara alternatif untuk menyelesaikannya sehingga kamu dapat melanjutkan hubungan dengan rekan kerja.

Semua anggota organisasi bisa mendapat manfaat dari lingkungan kerja kolaboratif, dan kamu dapat menampilkan kemampuan sebagai pemain tim maupun pemimpin.

10) Mengambil peran kepemimpinan
Untuk meningkatkan soft skill kepemimpinan, pertimbangkan untuk mengambil peran kepemimpinan di tempat kerja.

Mulailah dengan berbicara dengan manajer atau penyelia kamu tentang minat ini, dan lihat apakah ada peluangnya.

Dalam peran ini, pikirkan bagaimana kamu dapat menginspirasi kelompok kamu untuk melakukan yang terbaik.

Mintalah manajer untuk mempertimbangkan kamu sebagai penyelia sementara jika mereka tidak berada di kantor.

11) Datang untuk bekerja tepat waktu
Manajemen waktu adalah soft skill yang solid di kantor. Cara untuk meningkatkannya adalah dengan datang ke kantor tepat waktu.

Mematuhi jadwal dapat memberi kamu kemampuan untuk mencapai tujuan, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan tetap teratur.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply