Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 9, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tips Sukses Jualan Online, Cocok untuk Pemula!

Online Shopping

Topcareer.id – Kini banyak masyarakat yang mulai beralih atau bahkan mencari tambahan uang dengan cara menjadi pedagang online.

Hal ini karena berjualan online dianggap lebih menguntungkan dibandingkan dengan berjualan offline.

Kenapa tidak? Tak perlu sewa tempat, kamu pun bisa mendapat cakupan market yang lebih luas sekaligus bisa mendukung anjuran pemerintah untuk tidak melakukan kontak fisik dengan para pembeli.

Nah, bagi kamu yang baru mulai berkecimpung di dunia online, jangan khawatir jualan kamu tidak laku atau gagal karena External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya akan memebagikan 5 Tips Sukses Jualan Online untuk Pemula.

Ikut Kelas Bisnis Online Gratis
Penjual disarankan mengikuti pendampingan bisnis dalam bentuk kelas online/webinar gratis, salah satunya lewat Sekolah Kilat Seller.

Sebab tema yang dihadirkan beragam. Mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik dan lainnya.

“Di sini, para mentor dari Tokopedia dan sesama pegiat usaha bisa saling berbagi kiat sukses jualan online,” jelas Ekhel.

Baca juga: Mau Untung Berkali-kali Lipat dalam Berjualan Online? Ini Tipsnya

Pembeli Hanya Butuh 50 Detik untuk Pilih Produk
Rata-rata pembeli hanya butuh 50 detik untuk memilih produk yang ingin dilihat lebih lanjut, maka penjual perlu menampilkan foto dan deskripsi produk yang tepat dan menarik perhatian.

Selain itu, penjual bisa menggunakan rumus penamaan produk sebagai berikut: jenis produk + merek + keterangan (model/pola, tipe, atau warna), serta hindari penggunaan karakter atau simbol sulit, untuk memudahkan pembeli menemukan produk.

“Penjual juga dapat menggunakan fitur Wawasan Pasar untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk,” tambahnya.

Manfaatkan Fitur, Jangkau Lebih Banyak Pembeli
Beragam fitur bisa dimanfaatkan demi memaksimalkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pembeli di luar pulau. Contohnya, fitur Dekorasi Toko, Voucher Toko, Broadcast Chat, TopAds hingga Bebas Ongkir.

“Fitur Bebas Ongkir, kini sudah bisa diaktifkan oleh seluruh keanggotaan seller di Tokopedia, termasuk Regular Merchant,” ujar Ekhel.

Gabung Berbagai Kampanye
Disarakan untuk mengikuti beragam kampanye di Tokopedia, seperti Kejar Diskon, Tokopedia NYAM, TokoMart hingga festival belanja bulanan Tokopedia Waktu Indonesia Belanja (WIB). Ini bisa membantu penjual menarik lebih banyak pembeli.

Pantau Toko Lewat Aplikasi Tokopedia Seller
Demi meningkatkan produktivitas dan mengembangkan bisnis lebih lanjut, penjual bisa memanfaatkan aplikasi Tokopedia Seller.

“Tampilan yang sederhana dan fokus pada menu penjualan membuat penjual dapat mengoptimalkan pengelolaan toko hanya melalui satu aplikasi,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply