Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Tips Ampuh untuk Raih Pekerjaan Impian (Bagian 1)

Tips meraih pelanggan. Sumber foto: Insurance Thought LeadershipTips meraih pelanggan. Sumber foto: Insurance Thought Leadership

Topcareer.id – Apakah kamu lulusan perguruan tinggi baru atau karyawan berpengalaman, mencari pekerjaan baru bisa membuatmu stres.

Meskipun ada ribuan lowongan pekerjaan online yang dapat kamu lamar, namun sulit untuk menemukan posisi yang tepat dan sesuai dengan gaya hidup serta kebutuhan kamu.

Untuk itu kamu harus mempunyai cara untuk menghadapi permasalahan ini dan raih pekerjaan impianmu.

Berikut ini tips penting yang harus kamu ikuti untuk mengamankan posisi pekerjaan impian kamu.

Bagian pertama dari artikel:

1) Identifikasi keahlian
Banyak orang memulai pencarian pekerjaan mereka dengan melihat judul pekerjaan yang terdengar paling sesuai dengan tujuan karier mereka.

Sementara metode ini mungkin terbukti berhasil bagi sebagian orang, sebaiknya kamu juga melihat keterampilan yang dibutuhkan dari suatu posisi sebagai gantinya.

Dengan melakukan ini, karyawan akan dapat mengidentifikasi keahlian yang sudah mereka miliki dan pekerjaan yang paling sesuai dengan pengalaman mereka.

2) Memanfaatkan sumber daya online dan situs web perusahaan
Sekarang, perusahaan menggunakan situs web mereka sendiri untuk mengiklankan lowongan pekerjaan, dan platform pencarian pekerjaan juga dapat membantu mengidentifikasi peluang.

Gunakan situs ini untuk tidak hanya mencari posisi tertentu, tetapi juga mencari “pekerjaan serupa” atau “pekerjaan yang disarankan” yang mungkin menarik minat kamu.

3) Persempit pencarian ke opsi terbaik
Daripada melamar ke setiap lowongan yang kamu lihat, yang terbaik adalah mempersempit pencarian dan hanya melamar posisi yang paling sesuai dengan keahlian dan tujuanmu.

Lakukan sedikit riset latar belakang tentang perusahaan untuk memahami nilai-nilainya dan mengapa karyawan suka atau tidak suka bekerja di sana.

Gali juga networking kamu sendiri untuk melihat apakah kamu terhubung dengan seseorang yang memiliki pengalaman di perusahaan.

Ingat, perusahaan selalu memberikan perlakuan istimewa kepada referensi karyawan.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Tingkatkan Kreativitas dalam Pekerjaan (Bagian 1)

4) Simpan daftar pekerjaan terbaik untuk referensi
Bahkan setelah mengirimkan lamaran pekerjaan, kamu tetap harus menyalin dan menempel atau mencetak daftar pekerjaan untuk referensi di masa mendatang.

Menyimpan deskripsi pekerjaan dapat membantu kamu mempersiapkan diri untuk wawancara ketika ingin melihat kembali kualifikasi yang dibutuhkan.

5) Sesuaikan resume agar sesuai dengan setiap posisi yang kamu lamar
Sangat penting untuk menyesuaikan resume kamu sehingga cocok dengan setiap pekerjaan tertentu yang kamu lamar.

Dengan melakukan itu, kamu memberi diri keunggulan kompetitif atas resume yang dibaca manajer perekrutan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan