Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Panduan Bebersih Rumah jika ada Keluarga yang Isolasi Mandiri

Sumber foto: Vietnam Times

Topcareer.id – Saat ini banyak rumah sakit yang kewalahan menerima pasien Covid-19 sehingga yang tidak bergejala dan gejala ringan disarankan isolasi mandiri di rumah.

Bagi kamu yang memiliki keluarga sebagai penyintas Covid-19, harus lebih berhati-hati dalam merawat dan bersih-bersih rumah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, membersihkan dengan pembersih rumah tangga yang mengandung sabun atau deterjen, mampu mengurangi jumlah kuman dan risiko infeksi pada permukaan dan benda.

“Dalam kebanyakan situasi, pembersihan saja menghilangkan sebagian besar partikel virus di permukaan,” tulis CDC dalam laman resminya, dikutip pada Jumat (2/7/2021).

CDC pun memberikan sejumlah panduan bagaimana bersih-bersih rumah jika ada anggota keluarga yang terinfeksi Covid-19, namun harus isolasi mandiri.

Hal pertama, sediakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah untuk orang yang sakit (jika memungkinkan).

“Jangan berbagi piring, gelas, peralatan makan, handuk, tempat tidur, atau barang elektronik (seperti ponsel) dengan orang yang sakit.”

Sementara, jika orang sakit mampu membersihkan sendiri, sediakan perlengkapan pembersihan dan disinfektan khusus untuk orang yang sakit. Persediaan termasuk tisu, handuk kertas, pembersih, dan disinfektan.

“Di ruang bersama, orang yang sakit harus membersihkan dan mendisinfeksi permukaan dan barang-barang setelah digunakan.”

Baca juga: Tips Atasi Kecemasan Saat Sekitar Kamu Berhenti Pakai Masker

Lalu, jika orang sakit tidak bisa membersihkan, pastikan mengenakan masker dan minta orang sakit untuk memakai masker sebelum memasuki ruangan.

Kenakan sarung tangan jika diperlukan untuk produk pembersih dan desinfeksimu. Hanya bersihkan dan disinfeksi area di sekitar orang yang sakit bila diperlukan (bila area tersebut kotor) untuk membatasi kontakmu dengan orang yang sakit.

Buka pintu dan jendela luar. Gunakan kipas angin dan pengaturan pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC) untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Setelah makan

  • Kenakan sarung tangan saat menangani piring dan peralatan untuk orang yang sakit.
  • Cuci piring dan peralatan dengan sabun dan air panas atau di mesin pencuci piring.
  • Bersihkan tangan setelah melepas sarung tangan atau memegang barang bekas.

Penanganan sampah

  • Gunakan tempat sampah khusus untuk orang yang sakit.
  • Gunakan sarung tangan saat mengeluarkan kantong sampah dan menangani serta membuang sampah.
  • Cuci tangan setelah membuang sampah.**(Feb)

Tinggalkan Balasan