Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Penelitian: Obat Kanker Prostat Tingkatkan Kelangsungan Hidup Pasien COVID-19

Ilustrasi. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Obat kanker prostat eksperimental bisa meningkatkan kelangsungan hidup pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit di Brazil dalam uji klinis.

Para peneliti yang melakukannya melaporkan dalam jurnal medRxiv menjelang tinjauan sejawat.

Obat proxalutamide sedang dikembangkan oleh Kintor Pharmaceuticals, obat ini memblokir efek hormon androgen dengan menonaktifkan “reseptor” mereka pada permukaan sel.

Sebelum spike pada permukaan virus corona dapat menembus sel dan menginfeksinya, mereka harus disiapkan oleh protein yang disebut TMPRSS2 yang diatur oleh reseptor androgen, jelas rekan penulis studi John McCoy dari Applied Biology Inc.

Dalam uji coba di Brazil, 645 pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit yang bernapas sendiri menerima proxalutamide selama 14 hari atau plasebo, ditambah perawatan standar.

Setelah dua minggu, tingkat pemulihan adalah 81,4% untuk kelompok proxalutamide dibandingkan 35,7% untuk mereka yang mendapat plasebo.

Baca juga: Hambat Kanker Prostat dengan Biji Rami

Setelah empat minggu, 49,4% pada kelompok plasebo meninggal, dibandingkan 11% dengan proxalutamide.

Manfaatnya serupa di semua jenis kelamin, meskipun wanita mungkin tidak diharapkan untuk menanggapi obat yang menghalangi hormon pria, kata McCoy.

Penelitian dilakukan selama lonjakan COVID-19 di negara bagian Brazil di mana varian Gamma cukup dominan di sana di negara asalnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan