Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Awas Jangan Asal Lapor Jika Tidak Suka dengan Bos di Kantor. Begini Cara Mengatasinya

Topcareer.id – Bos yang buruk selalu ada di kantor manapun. Mereka hadir dalam berbagai macam sifat, seperti pemalas, gila kontrol, pilih kasih dan banyak lagi.

Jika kamu bekerja untuk salah satu jenis bos semacam ini, kehidupan profesional kamu mungkin lebih rumit secara emosional.

Ikuti 5 langkah ini untuk menjaga profesionalisme kamu dalam jangka pendek sambil memikirkan bagaimana menghadapinya dalam jangka panjang.

1) Nilai diri kamu di tempat kamu berada
Pertama tanyakan pada diri kamu, apa yang membuat bos kamu menjadi bos yang buruk?

Apakah masalah kamu dengan bos akhir-akhir ini sudah dapat diatasi atau diperbaiki?

Coba pikirkan apakah kamu benar-benar menyukai pekerjaan kamu jika bos nya bukan dia? Selain bos kamu, apakah kamu yakin dengan kepemimpinan di perusahaan?

Jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memikirkan langkah selanjutnya.

2) Lepaskan apa yang tidak bisa dikendalikan
Sadari dan pahami bahwa kamu sedang berada di tempat yang sulit, kemudian berkomitmenlah untuk meminimalkan kerusakan dalam kehidupanmu sehari-hari.

Ini berarti kamu harus menemukan cara untuk menstabilkan diri secara emosional sehingga dapat mengatasi situasi sulit ini.

Lakukan perawatan diri yang baik dan menjaga tingkat stres kamu tetap rendah.

Identifikasi inner circle kamu untuk mendapatkan dukungan, sebaiknya terdiri dari orang-orang di luar kantor.

Hindari bergosip tentang bos dengan rekan kerja, ini hanya akan membuatmu semakin frustrasi.

Dalam hal ini, kamu harus mengasah keterampilan manajemen krisis dan belajar untuk tetap tenang dalam memecahkan masalah yang sulit secara strategis.

3) Komunikasi adalah kuncinya
Memikirkan rencana komunikasi akan memberimu petunjuk apakah sepadan dengan waktu dan upaya kamu untuk menyelamatkan pekerjaan ini atau tidak.

Jika masalah yang membuat bos kamu jadi buruk terkait dengan pekerjaan, maka itu mungkin bisa diperbaiki daripada menjadi sesuatu yang lebih beracun.

Cobalah membuat daftar kekhawatiran kamu dan mengaitkannya dengan kasus-kasus tertentu. Kemudian tetapkan waktu dengan bos untuk melakukan percakapan yang terbuka dan jujur.

Sampaikan pada bos kamu bahwa dirimu terbuka terhadap umpan balik mereka dan ingin bekerjasama untuk bergerak maju dengan cara yang positif.

Baca juga: Ini 10 Tanda Kamu seorang Bos Beracun, coba Introspeksi Diri (Bagian 1)

4) Minta bantuan
HRD memang ada untuk mendengarkan masalah, namun bukan peran mereka untuk memanggil bos tentang perilaku buruknya kecuali perilaku itu ilegal.

Namun, mereka bisa menjadi sumber dukungan dengan memberi kamu saran untuk membantu menghadapi bos kamu yang kelakuannya cukup ajaib.

Pergi menemui atasan bos kamu untuk melaporkan perilaku buruknya sangat tidak disarankan.

Ini merupakan langkah politik yang bermuatan emosi yang dapat menempatkan bos kamu pada posisi yang sulit dan juga dapat berbahaya untukmu.

5) Pindah kerja
Bekerja untuk bos yang hebat akan sangat bermanfaat. Mungkin pekerjaan kamu saat ini memberi isyarat mengapa kamu perlu menyegarkan resume dan CV kamu untuk melihat apa yang mungkin ada di petualangan karier kamu berikutnya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan