Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini 10 Tanda Kamu seorang Bos Beracun, coba Introspeksi Diri (Bagian 1)

Topcareer.id – Kamu mungkin berpikir bahwa kamu adalah bos yang baik, bahkan mungkin memiliki karyawan yang mencintai dan menghormatimu.

Tetapi ada kebiasaan dan pola pikir tertentu yang mungkin menyimpan suasana negatif dengan tim yang tanpa sadar sedang kamu kembangkan.

Melansir Ladders, berikut beberapa kumpulan tanda paling umum bahwa kamu mungkin benar-benar rekan kerja atau atasan yang tidak ramah (toxic) meskipun kamu tidak menyadarinya.

Jika beberapa tanda ini konsisten terjadi, kamu mungkin ingin mempertimbangkan kembali caramu mengelola tim.

1. Karyawanmu tidak terlibat

Jika kamu menemukan bahwa sebagian besar atau semua orang yang bekerja untukmu pada awalnya berbakat, dengan banyak potensi, dan kemudian seiring waktu menjadi “secara misterius” terlepas dari pekerjaan, kurang komunikatif, atau kurang produktif, kamu mungkin masalahnya.

“Bos beracun menghancurkan produktivitas dan semangat tim, sehingga akan memberikan efek ini pada orang-orang, termasuk yang berkinerja terbaik. Ini akan menjadi pola berulang di seluruh individu dan tim yang kamu pimpin,” jelas Justin Aquino, Pendiri dan Pelatih Kepala Cool Communicator LLC.

2. Karyawanmu menghindari bekerja denganmu

“Jika banyak orang cerdas dan berbakat menghindarimu, atau berusaha keras untuk tidak bekerja untukmu, ini karena mereka melihat perilaku beracunmu secara langsung, atau mendengarnya melalui orang lain di jaringan mereka, dan memilih pergi,” jelas Aquino.

Baca juga: 5 Tips Menghilangkan Sikap Negatif Di Tempat Kerja

Kamu mungkin menemukan dirimu terjebak dengan orang-orang yang berkinerja buruk, atau orang-orang yang dirinya sendiri beracun atau dengan sikap negatif.

3. Kamu menganggap karyawanmu terlalu sensitif

Menurut Aquino, kamu mungkin menjadi bos yang beracun jika menerima banyak keluhan tentang perilakumu terhadap orang lain, tetapi kamu menganggapnya sebagai terlalu sensitif atau tidak penting.

“Mendapat keluhan tentang perilakumu itu tidak normal. Jika kamu mendapatkan banyak keluhan, terutama dari berbagai orang yang berbeda dalam keadaan yang berbeda, itu pertanda kamu melakukan sesuatu yang salah, lagi dan lagi,” jelasnya.

4. Mantan karyawanmu mengungguli diri mereka sendiri di tempat lain

Kamu mungkin menjadi bos yang beracun jika orang yang sama yang tampaknya berkinerja buruk saat bekerja untukmu, dipindahkan atau ditugaskan ke manajer lain, dan tiba-tiba berkinerja lebih baik.

Terutama jika kamu selalu melihat manajer lain itu “terlalu lembut” atau “terlalu baik”. Menurut Aquino, dia mungkin melakukan sesuatu untuk membuat anggota tim merasa aman dan didukung.

5. Kamu sering bertengkar

“Jika kamu sering bertengkar dengan anggota tim, dan argumen tersebut sering kali berubah menjadi pribadi, kamu mungkin menciptakan awan negatif dan perselisihan di sekitar diri sendiri yang memicu dorongan terburuk orang lain,” Aquino memperingatkan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan