Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Waspada, Ini Tanda-Tanda Tubuh jika Alami Dehidrasi (Bagian 1)

Topcareer.id – Dehidrasi terjadi ketika kamu tidak mendapatkan asupan air yang cukup. Sementara, yang kita ketahui pasti adalah tubuh kita hampir 60 persen terdiri dari air. Kamu bisa kehilangan cairan lebih cepat dengan berkeringat saat hari yang panas atau banyak berolahraga.

Tubuh juga kehilangan air melalui terlalu banyak buang air kecil. Kamu bisa mengalami dehidrasi jika mengalami demam, muntah, atau diare. Ingat, dehidrasi bisa serius. Melansir Healthline, berikut beberapa tanda untuk mengetahui apakah kamu mengalami dehidrasi.

Kulit

Kulitmu kehilangan air dengan berkeringat saat panas. Kamu juga kehilangan kelembapan melalui kulit dalam karena udara lebih kering. Periksa kulitmu untuk tanda-tanda dehidrasi seperti:

  • Kasar atau mengelupas
  • Memerah atau kemerahan
  • Kulit atau bibir pecah-pecah
  • Kulit dingin atau lembap
  • Mengencang atau menyusut

Napas

Mulut dan lidahmu mungkin terasa kering atau lengket saat kamu mengalami dehidrasi. Kamu mungkin juga memiliki bau mulut.

Tubuhmu membutuhkan banyak air untuk membuat air liur atau ludah. Saat kamu mengalami dehidrasi, kamu memiliki lebih sedikit air liur. Ini menyebabkan lebih banyak bakteri tumbuh di mulut. Menyikat gigi dan minum banyak air membantu menyingkirkan bakteri penyebab bau.

Baca juga: 6 Makanan Dan Minuman Yang Bermanfaat Saat Dehidrasi (Bagian 1)

Urine

Kamu mungkin dapat mengetahui apakah kamu mengalami dehidrasi dengan melihat urine. Urine berwarna kuning tua hingga kuning berarti kamu mungkin mengalami dehidrasi ringan hingga berat. Kamu biasanya dapat mengatakan bahwa kamu memiliki tingkat hidrasi yang sehat jika urine berwarna sangat terang. Kamu mungkin juga buang air kecil lebih sedikit dari biasanya saat dehidrasi.

Sembelit

Dehidrasi dapat menyebabkan atau memperburuk konstipasi. Kamu mungkin mengalami kesulitan atau lebih sedikit buang air besar jika kamu tidak mendapatkan cukup air. Kotoranmu mungkin terlihat kering atau seperti benjolan kecil.

Haus dan lapar

Haus adalah tanda tubuhmu membutuhkan lebih banyak air. Kamu mungkin juga merasa lebih lapar saat mengalami dehidrasi. Sebuah tinjauan medis menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami dehidrasi sering kali memiliki berat badan yang lebih tinggi.

Diperlukan lebih banyak penelitian tentang hubungan antara dehidrasi dan kelaparan. Mendapatkan banyak air dapat membantu mengurangi mengidam makanan. Orang dewasa yang memiliki berat badan lebih juga membutuhkan lebih banyak air untuk tetap terhidrasi.**(Feb)

Tinggalkan Balasan