Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat Saat Dehidrasi (Bagian 1)

Ilustrasi dehidrasi. Dok/SignatureCareIlustrasi dehidrasi. Dok/SignatureCare

Topcareer.id – Merasa haus merupakan sinyal. Itu bisa jadi tanda kamu mungkin mengalami sedikit dehidrasi. Dehidrasi terjadi karena kehilangan lebih banyak cairan daripada yang kamu konsumsi. Banyak hal yang dapat menyebabkan dehidrasi, termasuk panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan.

Untungnya, ada lebih dari sekadar air untuk bisa menyelamatkan kita dari dehidrasi. Melansir Ladders, berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu dehidrasi.

1. Air kelapa

Saat mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, kamu juga harus mengisi kembali elektrolit yang hilang dalam cairan dari tubuh seperti keringat dan urine.

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi-fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga detak jantung dalam ritme yang teratur. Beberapa yang paling umum adalah: sodium, kalsium, magnesium, kalium.

Air kelapa sangat bagus untuk diminum saat kamu mengalami dehidrasi, karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan beberapa karbohidrat. Ini juga dapat membantu mencegah kram otot.

Satu cangkir (237-mL) porsi air kelapa tanpa pemanis mengandung 9% dari Nilai Harian (DV) untuk kalium dan memiliki 45 kalori .

2. Kaldu dan sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup memberikan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Kombinasi ini adalah kunci dalam rehidrasi. Terlebih lagi, kaldu tulang dan sup lainnya dengan protein hewani juga menyediakan kolagen.

Baca juga: Vitamin Dan Nutrisi Untuk Lawan COVID-19 (Bagian 1)

Ini adalah protein yang berasal dari hewan yang penting untuk kesehatan persendian, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan. Namun, tubuh dapat membuat kolagen dari banyak sumber protein lain juga.

Jika kamu membuat kaldu tulang di rumah, ingatlah bahwa memasaknya selama lebih dari 8 jam akan meningkatkan kandungan kalsium dan magnesiumnya. Mineral ini penting untuk tulang dan otot, masing-masing. Menambahkan sayuran yang berbeda juga meningkatkan nutrisi.

3. Semangka, melon

Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menjagamu tetap terhidrasi. Ini terutama berlaku untuk buah-buahan seperti semangka, melon. Ini semua memiliki kandungan air yang sangat tinggi.

Satu cangkir (152 gram) porsi semangka mentah yang dipotong dadu, misalnya, mengandung hampir 92% (139 mL) air. Blewah dan melon serupa dengan sekitar 90% kadar air dalam porsi tertentu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan