Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Waspada, Ini Tanda-Tanda Tubuh Jika Alami Dehidrasi (Bagian 2)

Topcareer.id – Dehidrasi terjadi ketika kamu tidak mendapatkan asupan air yang cukup. Sementara, yang kita ketahui pasti adalah tubuh kita hampir 60 persen terdiri dari air. Kamu bisa kehilangan cairan lebih cepat dengan berkeringat saat hari yang panas atau banyak berolahraga.

Tubuh juga kehilangan air melalui terlalu banyak buang air kecil. Kamu bisa mengalami dehidrasi jika mengalami demam, muntah, atau diare. Ingat, dehidrasi bisa serius. Melansir Healthline, berikut beberapa tanda untuk mengetahui apakah kamu mengalami dehidrasi.

6. Tekanan darah

Sekitar 55 persen darah adalah cairan. Kehilangan cairan dapat menurunkan volume darah dan mempengaruhi tekanan darah. American Heart Association mencantumkan dehidrasi sebagai penyebab tekanan darah rendah. Minum air membantu menyeimbangkan tekanan darah.

7. Kelelahan

Penelitian medis menunjukkan bahwa dehidrasi dapat membuatmu merasa lelah bahkan ketika kamu sedang beristirahat. Pria dalam sebuah penelitian tentang dehidrasi melaporkan bahwa mereka merasa lelah, lesu, dan lelah.

Gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh tekanan darah rendah yang disebabkan oleh dehidrasi. Menjadi terhidrasi dengan baik membantu meningkatkan tingkat energi.

Baca juga: 6 Makanan Dan Minuman Yang Bermanfaat Saat Dehidrasi (Bagian 2)

8. Sakit kepala

Kamu mungkin mengalami sakit kepala bahkan jika kamu mengalami dehidrasi ringan. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang mengalami dehidrasi 1,36 persen memicu sakit kepala. Sakit kepala mungkin terkait dengan tekanan darah rendah karena kehilangan air. Minum air dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan meredakan gejala.

9. Mual

Dehidrasi dapat menyebabkan mual dan pusing. Mual dapat menyebabkan muntah. Ini membuatmu kehilangan lebih banyak air, memperburuk gejala. Mual juga dapat dikaitkan dengan tekanan darah rendah yang disebabkan oleh dehidrasi.

10. Pingsan

Dehidrasi berat dapat menyebabkan pingsan. Kamu mungkin merasa pusing atau pingsan ketika tiba-tiba berdiri setelah duduk atau berbaring. Gejala-gejala ini dapat terjadi ketika dehidrasi menurunkan volume darah dan tekanan darah.

11. Efek jantung

Dehidrasi dapat menyebabkan jantung berdebar. Detak jantung yang cepat dan pernapasan yang cepat mungkin merupakan tanda dehidrasi parah. Kehilangan air menyebabkan volume darah lebih rendah.

Hal ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Menjadi terhidrasi meningkatkan volume darah dan mengembalikan detak jantung menjadi normal.**(Feb)

Tinggalkan Balasan