Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Negara Terkaya dan Termiskin di Uni Eropa

Topcareer.id – Kamu mungkin melihat negara-negara Uni Eropa (UE) semuanya kaya dan makmur, tapi ternyata tidak semuanya.

Rumah tangga di Denmark merupakan yang terkaya di UE, menurut analisis data oleh bank sentral negara itu.

Rata-rata rumah tangga di Denmark memiliki 1,88 juta krone Denmark atau sekitar Rp 4,3 miliar dalam aset keuangan pada kuartal keempat tahun 2020.

Data diambil dari pengungkapan rekening keuangan Bank Sentral Eropa untuk 27 negara anggota UE.

Angka menunjukkan bahwa Denmark juga memiliki utang yang lebih tinggi dari negara UE lain dan hanya dikalahkan oleh Luksemburg.

Namun, Danmarks Nationalbank menunjukkan bahwa sebagian besar kewajiban Denmark berada di bank dan utang hipotek “dengan jaminan real estat (sekitar 86 persen).”

“Dengan demikian, utang Denmark sebagian besar diimbangi oleh nilai kekayaan perumahan, yang tidak termasuk dalam kekayaan finansial,” bank sentral menjelaskan.

Secara keseluruhan Denmark memiliki kekayaan finansial bersih sebesar 1,32 juta krone Denmark atau sekitar Rp 3 miliar.

Jumlah ini hampir tiga kali lipat dari rata-rata kekayaan negara-negara UE sebesar 450.000 krone Denmark atau sekitar Rp 1 miliar.

Bank sentral Denmark juga menekankan bahwa meskipun kekayaan ini adalah rata-rata, ada perbedaan yang signifikan antara individu.

Misalnya, bank sentral mengatakan bahwa orang Denmark dengan pendapatan terbesar cenderung memiliki lebih banyak aset dan kewajiban, sementara orang yang lebih tua cenderung memiliki pensiun yang lebih besar.

Analisis bank sentral menunjukkan kekayaan Denmark telah tumbuh lebih banyak pada kuartal pertama tahun 2021.

Rata-rata penduduk Denmark memiliki 24.000 krone Denmark atau sekitar Rp 55,4 juta per orang.

Baca juga: Bagaimana Finlandia Bisa Menjadi Negara Paling Bahagia Di Dunia

Rumah tangga di Belanda memiliki jumlah aset keuangan tertinggi kedua, dengan 1,59 juta krone Denmark atau sekitar Rp 3,67 milar, diikuti oleh Luksemburg 1,58 juta krone Denmark atau sekitar Rp 3,64 milar.

Sementara itu Swedia berada di bawah Luksemburg namun masih dalam peringkat atas yakni sebesar 1,51 krone Denmark atau sekitar Rp 3,48 miliar.

Dan, rumah tangga di Rumania ditemukan sebagai negara termiskin di UE, dengan aset keuangan hanya 80.000 krone Denmark atau sekitar Rp 184 juta.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan