Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Aktivitas Pagi Penambah Semangat di Hari Sibuk (Bagian 2)

Topcareer.id – Ada kalanya mungkin pagi harimu terasa berat ketika kamu memiliki hari yang sangat sibuk untuk dilalui entah terkait pekerjaan atau pekerjaan rumah, atau bahkan keduanya. Tapi jangan khawatir, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat dirimu tetap berenergi di pagi hari.

Melansir HufftPost, berikut tips berguna jika kamu perlu membuat dirimu tetap semangat di waktu pagi untuk hari-harimu yang sibuk.

4. Buat daftar tugas untuk hari itu

Tidak suka membuat jurnal? Menjadi produktif sebagai gantinya. “Prioritaskan hal-hal berdasarkan waktu kritis, penting atau bagus untuk dilakukan. Mulailah dengan tugas-tugas yang sangat penting dan kritis terhadap waktu … dan kemudian selesaikan sisanya,” kata Lindsay Browning, seorang psikolog.

Metode lain adalah membuat “keputusan 4D” dengan daftar tugasmu, kata Alkta Patel, seorang dokter gaya hidup dan dokter umum. “Saya melihat daftar tugas saya setiap pagi dan mengubahnya menjadi matriks dua kali dua untuk membuat keputusan 4D. Tulis tugasmu di kuadran terbaik: Lakukan – Tunda – Delegasikan – Hapus.”

5. Atur hari tergantung pada apakah kamu seorang ‘lark’ atau ‘owl’

Jika kamu seorang “lark” (orang pagi) yang cenderung tidur lebih awal dan bangun lebih awal, maka selesaikan tugas-tugas paling sulit di pagi hari, ketika kamu berada di puncak fungsimu, kata Browning. Tinggalkan tugas-tugas yang lebih duniawi untuk nanti di hari ketika kamu akan mulai merasa lelah.

Baca juga: 6 Cara Meneliti Perusahaan Sebelum Melamar Kerja (Bagian 2)

Jika kamu seorang “burung hantu” (orang malam) yang cenderung ingin tidur lebih lambat dan bangun lebih lambat, maka waktu kerja puncakmu kemungkinan akan terjadi di kemudian hari. Mulailah hari kerjamu dengan menangani tugas-tugas yang tidak memerlukan banyak kekuatan otak (seperti memeriksa email) dan tinggalkan pekerjaan yang sulit untuk nanti di hari ketika kamu lebih waspada.

6. Perlambat pernapasanmu sebelum mulai bekerja

Patel mengatakan sebelum dia menyalakan komputernya, dia membutuhkan waktu 60 detik untuk memperlambat pernapasannya.

“Memperlambat laju napasmu menjadi enam atau kurang per menit, akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatismu, memberimu ketenangan dan kendali selama sisa hari pengambilan keputusan,” katanya.

“Cara paling sederhana adalah menarik napas selama empat hitungan dan menghembuskannya selama enam hitungan dan mengulanginya enam kali. Ini adalah teknik yang bagus untuk digunakan sepanjang hari ketika kamu melihat tekanan hari itu meningkat.”

7. Beristirahatlah di pagi hari

Browning mengatakan adalah ide yang baik untuk beristirahat di pagi hari dengan keluar dan berjalan-jalan cepat di sekitar rumah. Kamu mungkin merasa ini membuang-buang waktu, tetapi sinar matahari alami akan membantumu merasa lebih waspada, ditambah latihan dari jalan kaki juga akan membantu memberi energi.**(Feb)

Tinggalkan Balasan