Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Memilih Masker Tidur untuk Istirahat yang Nyenyak

Topcareer.id – Pernahkah kamu mencoba masker tidur (masker mata) untuk mendapatkan kondisi tidur yang nyenyak? Ternyata memang ‘alat’ ini ampuh untuk membuat tidurmu lebih nyenyak. Masker mata atau masker tidur bekerja dengan menghalangi cahaya buatan.

“Cahaya, terutama di malam hari, dapat mengganggu ‘jam’ biologis internal kita yang membantu mengatur pola tidur-bangun kita,” kata Dr. Wendy Troxel, ilmuwan perilaku senior di RAND Corporation, dikutip dari Healthline.

Paparan cahaya buatan menekan melatonin, hormon pemicu tidur, yang dapat menyebabkan masalah atau gangguan tidur seperti insomnia.

Jadi, penting untuk menemukan masker tidur yang cocok untukmu. Saat memilih masker tidur, perhatikan bentuk, ukuran, bahan, dan beratnya. Kamu perlu masker tidur yang nyaman sehingga efektif membuatmu tidur nyenyak. Berikut cara memilih masker tidur yang tepat.

Bentuk

Ada berbagai bentuk yang berbeda di pasaran untuk masker tidur, jadi penting untuk menemukan masker yang sesuai dengan wajahmu dan dapat beristirahat dengan nyaman saat kamu tidur di malam hari.

Kamu bisa saja memilih masker mata yang datar. Pilihan lainnya adalah masker berkontur, yang memiliki cangkir yang menutupi matamu. Ini berguna jika kamu merasa kain di kelopak mata terasa geli.

Ukuran

Kamu memang perlu memastikan maskermu terpasang dengan nyaman di wajahmu, tetapi kadang masih cukup kencang ketika digunakan. Ide masker tidur ini adalah untuk mencegah cahaya saat tidak terlalu ketat yang bisa membuatmu sakit kepala.

Banyak masker tidur di pasaran dilengkapi dengan tali yang dapat disesuaikan, yang sempurna untuk memastikan maskermu pas di kepala.

Baca juga: Studi: Penggunaan Ponsel Tingkatkan Risiko Tumor Hingga 60%

Bahan

Masker tidur datang dalam berbagai kain, masing-masing dengan manfaatnya sendiri. Kapas memberikan rasa lembut dan cukup murah. Sutra mungkin agak mahal, tetapi tidak akan memakan produk perawatan kulit seperti krim mata dan pelembab wajah. Ini juga mengurangi gesekan di sekitar area mata yang halus.

Beberapa masker juga dibuat dengan busa, seperti Wild Essentials Escape Sleep Mask. Ini membantu masker mempertahankan bentuknya dan mencegahnya menyikat kelopak matamu.

Bobot

Sebagian besar masker mata akan mencantumkan ‘ringan’ sebagai manfaat. Namun, jika kamu menginginkan sesuatu yang sedikit lebih berat, ada masker mata berbobot di pasaran yang menambahkan tekanan ringan untuk menghilangkan stres.
Pemblokiran cahaya

Beberapa topeng terbuat dari kain berwarna terang atau tidak menutupi area yang cukup untuk menghalangi cahaya sepenuhnya. Masker tidur lainnya dirancang untuk memiliki efek pemadaman yang tidak memungkinkan masuknya cahaya sama sekali.

Panas/dingin

Ada juga masker tidur di pasaran yang memungkinkan variasi suhu. Ini dapat membantu jika kamu mengalami sakit kepala. Menambahkan sedikit kehangatan ekstra pada mata saat tidur bisa sangat menenangkan, dan masker dingin dapat membantu memudahkan tidur dalam cuaca panas.

Banyak masker dapat dimasukkan ke dalam microwave dan disimpan di dalam freezer sehingga kamu dapat mengubah opsi suhu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan