Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Prof Wiku Larang Masyarakat Lakukan Mixing Vaccines

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito sampaikan banyak klaster baru usai lebaranJuru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito Dok/Covid19.go.id

Topcareer.id – Pemerintah mengumumkan akan melakukan vaksin dosis ketiga maupun mixing vaccines bagi tenaga medis yang dinilai memiliki risiko penularan tertinggi, baik karena intensitas maupun lokasi beraktivitas yang sangat tinggi laju penularannya.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito hal serupa juga dilakukan di beberapa negara, salah satunya Thailand.

“Thailand menyuntikkan vaksin AstraZeneca kepada tenaga kesehatan yang sudah mendapat dua kali dosis vaksin Sinovac demi proteksi tambahan bagi tenaga kesehatan. Tentunya praktik ini dilakukan setelah studi klinis dilakukan terlebih dahulu,” ujarnya, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Booster Vaksin COVID-19, Apakah Diperlukan?

Meski demikian, Prof. Wiku melarang masyarakat untuk melakukan penambahan dosis booster sendiri tanpa pengawasan tenaga kesehatan.

“Untuk saat ini secara umum dua kali dosis vaksin sudah cukup bagi masyarakat umum untuk membentuk kekebalan individu. Jadi diimbau untuk tidak melakukan mixing vaccines,” tegasnya.

Diakhir wawancaranya, Prof Wiku memastikan bahwa pemerintah tidak akan lepas dari fokus utama yaitu untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunitas sesegera mungkin.

“Pemerintah terus menjamin seluruh masyarakat, khususnya populasi rentan mendapatkan haknya untuk divaksin,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan