Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mana yang Punya Pasar Smartphone Terbesar, Apple Atau Xiaomi?

Kamera smartphone. (Dok. Youtube tumbnail)

Topcareer.id – Pembuat smartphone Cina Xiaomi adalah pembuat smartphone terbesar kedua pada kuartal kedua, menyalip Apple, sebuah laporan baru dari perusahaan analis Canalys menunjukkan.

Xiaomi memiliki pangsa 17% dari pengiriman smartphone global, di depan Apple 14% dan di belakang Samsung 19%.

“Xiaomi mengembangkan bisnis luar negerinya dengan cepat,” kata Manajer Riset Canalys Ben Stanton dalam siaran pers, dikutip dari CNBC pada Jumat (16/7/2021).

Xiaomi mencatat pengiriman meningkat 300% year on year di Amerika Latin dan 50% di Eropa Barat. Pembuat smartphone China ini mencatat pertumbuhan pengiriman smartphone year on year sebesar 83% berbanding 15% untuk Samsung dan 1% untuk Apple.

Stanton mencatat, bagaimanapun, bahwa ponsel Xiaomi masih condong ke pasar massal dengan harga jual rata-rata handset 75% lebih murah daripada Apple.

Tetapi perusahaan yang berkantor pusat di Beijing itu sekarang ingin mendorong pasar kelas atas. Awal tahun ini meluncurkan Mi 11 Ultra, smartphone premium yang dimulai dari 5.999 yuan (Rp13,4 juta). Itu juga meluncurkan 9.999 yuan (Rp22,3 juta) Mi Mix Fold, ponsel lipat pertamanya.

Baca juga: Tingkat Kelaparan Dunia Dan Angka Kekurangan Gizi Melonjak Akibat COVID-19

Kisaran harga itu mengadu Xiaomi melawan Apple dan Samsung di segmen premium. Tetapi saingan domestiknya Oppo dan Vivo juga mencoba menerobos ke pasar kelas atas.

“Ini akan menjadi pertempuran yang sulit, dengan Oppo dan Vivo berbagi tujuan yang sama, dan keduanya bersedia menghabiskan banyak uang untuk pemasaran di atas garis untuk membangun merek mereka dengan cara yang tidak dilakukan Xiaomi,” kata Stanton.

“Semua vendor berjuang keras untuk mengamankan pasokan komponen di tengah kelangkaan global, tetapi Xiaomi telah mengincar hadiah berikutnya: menggusur Samsung untuk menjadi vendor terbesar di dunia.”

Xiaomi telah diuntungkan dari perjuangan Huawei. Huawei pernah menjadi pemain smartphone terbesar di dunia, tetapi sanksi AS memutuskan perusahaan China dari pasokan penting termasuk perangkat lunak dan chip, menyebabkan penjualannya anjlok.

Sementara smartphone masih menyumbang sebagian besar pendapatan Xiaomi, ia sedang mencari untuk masuk ke area bisnis baru. Pada bulan Maret, perusahaan teknologi mengumumkan rencana untuk meluncurkan bisnis kendaraan listrik dan menginvestasikan USD10 miliar selama 10 tahun ke depan.

Leave a Reply