Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, September 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Kalahkan Jeff Bezos, Richard Branson Sukses Terbang ke Luar Angkasa

Dok/The Indian Times

Topcareer.id – Miliarder Inggris Richard Branson pada hari Minggu (12/7) melesat terbang ke luar angkasa menggunakan pesawat roket Virgin Galactic-nya.

Ia terbang setinggi 80 kilometer di atas gurun New Mexico dan kembali dengan selamat dalam penerbangan uji pertama roket berawak penuh ke luar angkasa.

Hal ini tentu menjadi sebuah tonggak simbolis untuk usaha yang telah ia mulai sejak 17 tahun lalu.

“Kami di sini untuk membuat ruang angkasa lebih mudah diakses oleh semua orang,” kata Branson (70), tak lama setelah memeluk cucunya setelah penerbangan. “Selamat datang di era ruang angkasa baru.”

“Selamat atas penerbangannya,” kata Jeff Bezos di Instagram. “Tidak sabar untuk bergabung dengan klub!” Tambah Bezos.

Eksekutif industri luar angkasa, pelanggan masa depan, dan simpatisan lainnya hadir dalam pertemuan meriah untuk menyaksikan peluncuran yang disiarkan langsung dalam presentasi yang dipandu oleh komedian televisi Stephen Colbert.

Pelopor industri luar angkasa miliarder lainnya, Elon Musk yang juga pendiri pembuat mobil listrik Tesla bergabung dalam resepsi tersebut.

Pesawat ruang angkasa putih berkilau itu dibawa tinggi-tinggi dengan menempel di bagian bawah pesawat jet ganda VMS Eve dari Spaceport America.

Saat mencapai titik peluncuran di ketinggian sekitar 14 kilometer, pesawat roket penumpang VSS Unity dilepaskan dari kapal induk dan melesat lurus ke atas dengan kecepatan supersonik menembus kegelapan ruang angkasa di ketinggian sekitar 86 kilometer.

Contrail pesawat ruang angkasa itu terlihat jelas dari tanah saat membubung tinggi melalui atmosfer atas disertai sorak-sorai penonton di bawah.

Baca juga: Virgin Galactic dan Rolls Royce Kembangkan Pesawat Komersial Supersonic Mach 3

Di ruang angkasa roket dimatikan, kru kemudian mengalami beberapa menit gayaberat mikro, sebelum pesawat ruang angkasa itu beralih ke mode menyala kembali dan mulai meluncur turun kembali ke landasan pacunya.

Seluruh penerbangan yang dilakukan mulai dari terbang hingga kembali berlangsung sekitar satu jam.

“Saya pernah menjadi seorang anak dengan mimpi melihat ke bintang-bintang. Sekarang saya orang dewasa di sebuah pesawat ruang angkasa melihat ke bawah, ke Bumi kita yang indah,” kata Branson dalam sebuah video yang ia rekam dari luar angkasa.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan