Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Agustus 5, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

9 Cara Atasi Kecemasan yang Menghantui di Malam Hari (Bagian 2)

Dok/The Sleep DoctorDok/The Sleep Doctor

Topcareer.id – Pikiran cemas memenuhi otakmu, berguling kanan-kiri, memikirkan semua hal yang belum terjadi dan belum dilakukan, meeting kerja besok atau seminggu kemudian. Itu semua perasaan cemas yang menyusup ke dalam diri saat malam hari. Apakah kamu sering merasakannya?

Mengutip HuffPost UK, malam hari adalah salah satu waktu paling umum bagi orang untuk mengalami kecemasan. Jika kita sudah merasa stres atau kewalahan dalam hidup kita, kita mengalami perasaan ini lebih intens ketika kita ingin tidur. Apa yang harus dilakukan? Berikut 9 saran dari terapis untuk hilangkan cemas saat malam hari.

5. Coba berjalan

Jika Anda berbaring di tempat tidur, merasa cemas, Jenny Wardle, anggota Direktori Konseling, merekomendasikan untuk bangun, berjalan-jalan sebentar di sekitar rumahmu dan membuat minuman hangat (bebas kafein) untuk membuat rileks.

Bangun dari tempat tidur dan melakukan aktivitas dapat membantu menenangkan hormon stres yang diproduksi dalam tubuh, jelas Psikoterapis Kirsty Taylor. Kamu mungkin ingin membaca, menulis, menjahit, atau mencoba yoga – semua hal yang membantu menghilangkan adrenalin.

6. Coba latihan grounding

Jika kamu kembali ke tempat tidur dan kecemasan masih berputar-putar, latihan grounding dapat membantu. Ini melibatkan menyentuh lima hal, melihat empat hal, mendengar tiga hal, mencium dua hal dan mencicipi satu hal, kata Taylor.

“Dengan meluangkan waktu untuk melakukan ini secara perlahan – benar-benar merasakan kain atau sentuhan dari apa yang kamu rasakan di kulitmu dan benar-benar melihat apa yang ada di depanmu, kamu membiarkan sistem internalmu mengatur dirinya sendiri.”

Baca juga: Sepuluh Kota Fashion Mode Terbaik Di Dunia (Bagian 1)

7. Catat hari ini

Tidak bisa berhenti memikirkan pekerjaan, atau hal lain yang terjadi pada hari itu? Wardle merekomendasikan untuk melihat situasi: apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang tidak? Bagaimana pikiran melebih-lebihkan? Apakah hal-hal benar-benar begitu buruk? Mungkin membantu untuk membuat daftar singkat tentang apa yang terjadi di kepalamu.

8. Menipu otak menjadi lelah

Sama seperti bayi yang mencoba untuk tetap terjaga, cobalah untuk tetap membuka mata, dan kemudian membiarkannya menutup, saran Treacher.

“Pertama, biarkan matamu sedikit terpejam. Kemudian, buka matamu sepenuhnya. Kemudian, tutup mata seperempat. Setelah ini, buka matamu. Ulangi, secara bertahap tingkatkan jumlahmu menutup mata, sampai matamu tertutup sepenuhnya, sebelum membuka mata lagi. Cara berperilaku seperti bayi ini bisa menipu otakmu hingga kelelahan.”

9. Bersikap baik kepada diri sendiri

Terakhir, bersikaplah lembut pada diri sendiri karena merasakan kecemasan ini. Jangan marah atau kesal pada diri sendiri karena merasakannya – bersikaplah baik.

“Seringkali kita merasa frustrasi dengan diri kita sendiri ketika kita memiliki emosi yang kuat. Tapi itu ada karena suatu alasan. Jelajahi bagaimana ia mencoba melindungimu. Ingin tahu tentang apa yang sebenarnya diinginkannya darimu, dan apa yang diyakininya,” ujarnya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan