Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Sambil Bekerja, Sempatkan Berjemur di Jam-Jam Ini

Topcareer.id – Vitamin D sering disebut vitamin matahari karena kulit kamu akan memproduksinya ketika terkena sinar matahari langsung.

Sedari dulu kita hanya diajari bahwa vitamin D dibutuhkan hanya untuk kesehatan tulang dan waktu terbaik adalah di pagi hari.

Namun sekarang banyak literatur yang menunjukkan bahwa ternyata vitamin D juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sinar UV (ultraviolet) ada 2 macam yaitu UVA & UVB. Perbedaannya terletak pada panjang gelombangnya.

UVA memiliki gelombang yang lebih panjang sehingga akan menyebabkan penetrasi yang lebih dalam ke jaringan kulit (dermis) dan menyebabkan kerusakan matriks kolagen kulit, sedangkan UVB memiliki gelombang yang pendek-sedang.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah, Ini Fungsi Berjemur yang Sebenarnya

UVA sering ditemukan pada pukul 07.00 dan juga dapat ditemukan melalui sinar matahari yang menembus kaca jendela.

Nah, UVA ini justru akan menimbulkan efek negatif pada kulit gaes, seperti melanoma (kanker kulit).

Vitamin D & sistem imun

Kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Rendahnya tingkat vitamin D berhubungan dengan berbagai jenis penyakit kronis seperti osteoporosis, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes, penyakit autoimun, penyakit menular, gangguan saraf dan depresi.

Dengan adanya kadar vitamin D yang cukup di dalam tubuh, sistem imun kamu akan selalu terjaga dan siap melawan serangan virus.

Vitamin D juga akan mengingatkan atau memfasilitasi sistem kekebalan tubuh dengan membedakan mana patogen dan mana jaringan tubuh untuk mengurangi risiko penyakit autoimun.

Waktu terbaik untuk mendapatkan vitamin D dari matahari

Cukupkan dirimu untuk terpapar sinar matahari UVB sehari-hari. Tidak perlu berlama-lama apalagi sampai menjadi kecokelatan, ini justru bisa berisiko kanker kulit.

Menurut laman otsuka, Rekomendasi terbaik berjemurlah sekitar 5-15 menit 4-6 kali seminggu. Waktu paling bagus adalah saat bayangan kamu lebih pendek dari tinggi badanmu, yaitu sekitar pukul 10.00-15.00 (WIB) dan tanpa tabir surya.

Lintang / lokasi geografis
Untuk aplikasi UVB, posisi matahari dibutuhkan pada lintang 50®. Lokasi lintang bervariasi tergantung pada lokasi geografis. Untuk Indonesia, matahari berada di lintang 50® pada waktu:

  • 10.00-11.00 hingga 14.00-15.00 (WIB).
  • Untuk WITA yang terbaik pukul 09.00-10.00 (WITA) untuk mendapatkan UVB.**RW
the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan