Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Cara Hentikan Serangan Panik (Bagian 2)

Sumber foto: New York PostSumber foto: New York Post

Topcareer.id – Serangan panik bisa terjadi pada siapa saja. Serangan panik adalah gelombang ketakutan, panik, atau kecemasan yang tiba-tiba dan intens. Serangan ini luar biasa, dan mereka memiliki gejala fisik serta emosional.

Banyak orang dengan serangan panik mungkin mengalami kesulitan bernapas, berkeringat deras, gemetar, dan merasa jantungnya berdebar kencang. Melansir Healthline, berikut cara yang bisa digunakan untuk menghentikan serangan panik.

6. Gunakan teknik relaksasi otot

Sama seperti pernapasan dalam, teknik relaksasi otot dapat membantu menghentikan serangan panik dengan mengendalikan respons tubuhmu sebanyak mungkin.

7. Bayangkan tempat bahagia untukmu

Apa tempat paling santai di dunia yang dapat kamu pikirkan? Pantai yang cerah dengan ombak yang bergulung lembut? Sebuah kabin di pegunungan? Bayangkan dirimu di sana, dan cobalah untuk fokus pada detail sebanyak mungkin. Bayangkan menggali jari-jari kakimu ke dalam pasir yang hangat, atau mencium aroma tajam pohon pinus.

8. Lakukan olahraga ringan

Endorfin menjaga agar darah tetap terpompa tepat saat itu juga. Ini dapat membantu membanjiri tubuh kita dengan endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati kita. Karena sedang stres, pilihlah olahraga ringan yang ringan untuk tubuh, seperti jalan kaki atau berenang.

Baca juga: Seberapa Penting Peregangan Setelah Olahraga?

Pengecualian untuk ini adalah jika kamu mengalami hiperventilasi atau kesulitan bernapas. Lakukan apa yang kamu bisa untuk mengatur napas terlebih dahulu.

9. Simpan lavender di tangan

Lavender dikenal karena menenangkan dan menghilangkan stres. Ini dapat membantu tubuh rileks. Jika kamu tahu bahwa kamu rentan terhadap serangan panik, siapkan minyak esensial lavender dan oleskan di lengan bawah saat kamu mengalami serangan panik. Hirup aromanya.

Kamu juga bisa mencoba minum teh lavender atau chamomile. Keduanya santai dan menenangkan. Lavender tidak boleh dikombinasikan dengan benzodiazepin. Kombinasi ini dapat menyebabkan kantuk yang hebat.

10. Ulangi mantra secara internal

Mengulangi mantra secara internal bisa membuat rileks dan menenangkan, dan itu bisa memberimu sesuatu untuk dipahami selama serangan panik.

Entah itu hanya “Ini juga akan berlalu,” atau mantra yang berbicara kepadamu secara pribadi, ulangi berulang-ulang di kepalamu sampai kamu merasa serangan panik mulai mereda.**(Feb)

Tinggalkan Balasan