Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kapan Waktu Terbaik Menyikat Gigi, dan Berapa Lama?

Ilustrasi menyikat gigiIlustrasi menyikat gigi. (sumber: Healthline)

Topcareer.id – Jika kamu mulai sadar akan kesehatan mulut dan gigi, kamu mungkin paham rutin menggosok gigi adalah cara termudah yang bisa dilakukan. Tapi, mungkin kamu bertanya berapa kali menyikat gigi, kapan waktu terbaik, dan berapa lama waktu ideal menyikat gigi?

Dr. Matthew Messina, direktur onkologi gigi dan direktur klinik di Ohio State University College of Dentistry, yang telah menjadi dokter gigi umum selama 35 tahun mengatakan, orang terkadang tidak menyadari betapa pentingnya kesehatan mulut bagi kesehatan mereka secara keseluruhan,

“Entah bagaimana orang mendapat persepsi bahwa apa yang terjadi di mulut tetap di mulut. Apa yang terjadi di mulut juga tidak tinggal di mulut, ada keterkaitan antara tubuh, kesehatan secara keseluruhan, dan kesehatan mulut,” kata Messina, yang juga juru bicara American Dental Association, dikutip dari laman CNN.

Mulut bukanlah lingkungan yang steril, katanya, dan kita perlu membersihkannya untuk menghindari gigi dan gusi dari bakteri yang bisa berasal dari makanan yang berada di dalam mulut.

Jika tidak dibersihkan secara teratur, bakteri dapat menyebabkan gigi berlubang dan mengiritasi gusi, menyebabkan peradangan. Memiliki peradangan di mana saja di tubuh berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, jadi mengurangi peradangan di mulut dengan menyikat gigi dan flossing sangat penting.

“Dokter gigi hanya meminta lima menit sehari,” kata Messina.

Orang harus menyikat gigi secara menyeluruh dua kali sehari, setidaknya selama dua menit dengan pasta gigi berfluoride, dan menggunakan benang gigi sekali sehari.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Ideal Untuk Tidur Malam? Jawabannya Tergantung Umur

Dia merekomendasikan menyikat gigi sekali setelah sarapan di pagi hari dan sekali sebelum tidur di malam hari. Sikat gigi dengan bulu lembut adalah yang terbaik.

Beberapa orang menambahkan menyikat gigi setelah makan siang untuk menghilangkan bau mulut. Kamu juga dapat menggunakan obat kumur sebagai perlindungan tambahan terhadap bakteri di mulut, tetapi bukan sebagai pengganti menyikat gigi dan flossing secara menyeluruh.

Andrew Doyle, dokter anak di Wellstar Health System di Marietta, Georgia mengatakan, dalam mempertimbangkan kesehatan anak-anak mereka, orang tua terkadang mengabaikan kesehatan mulut.

“Penyakit gigi adalah penyakit kronis yang paling umum pada anak-anak. Tetap di atas itu, itu umumnya adalah area yang paling sulit bagi orang tua kita,” kata Doyle.

Dia merekomendasikan orang tua untuk menunjukkan kepada anak-anak mereka bahwa mereka perlu menyikat gigi dua kali sehari, selama dua menit setiap kali, dan tahu cara menggunakan sikat gigi dengan benar.

Orang tua juga harus mulai menggunakan benang gigi segera setelah gigi anak tumbuh cukup besar di mana sikat gigi tidak bisa masuk di antara gigi, kata Doyle.

Jika orang tua tidak menanamkan kebiasaan kebersihan mulut yang kuat selama kamu dibesarkan, Messina mengatakan tidak ada kata terlambat untuk melakukan perbaikan.

Flossing bukan bagian dari rutinitas harian? Jika kamu dapat melakukannya sekali atau dua kali seminggu, kamu akan menyadari betapa mulut terasa jauh lebih baik, katanya, dan kamu akan segera menerapkannya setiap hari.**(Feb)

Tinggalkan Balasan