Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tiru Tradisi Swedia Ini untuk Cegah Kelelahan Kerja

Young woman sleeping on sofa at home

Topcareer.id – Burnout di tempat kerja itu hal yang nyata, bahkan perasaan ini menjadi lebih buruk selama masa pandemi. Padahal, pekerjaan selama pandemic banyak dilakukan di rumah atau tidak dari kantor, di mana kerja jarak jauh sebenarnya punya banyak manfaat.

Di Swedia, tradisi tengah minggu yang dikenal sebagai lillördag (atau Sabtu kecil) telah terbukti bermanfaat untuk membantu mereka yang bekerja dari jarak jauh untuk memulihkan tenaga dan menghindari kelelahan kerja (burnout).

Apa itu lilördag?

“(Lillördag) adalah istirahat yang biasanya dilakukan pada hari Rabu di mana kamu membiarkan dirimu menikmati waktu setelah bekerja seolah-olah itu adalah akhir pekan,” kata Dr. Chris Airey, direktur medis di Optimale, sebuah klinik medis Inggris yang fokus membantu pria dengan kekurangan hormon, mengutip laman Ladders.

“Kamu bisa pergi keluar untuk makan malam dan minum-minum, bertemu di rumah teman, atau bersantai sambil menonton film sepulang kerja.”

Tradisi ini berasal dari minggu kerja jadwal pelayan di Swedia. Karena pelayan Swedia tidak memiliki libur akhir pekan, mereka akan mendapatkan libur Rabu malam sebagai gantinya.

Tradisi ini telah diadopsi secara luas di Swedia dan negara-negara Eropa lainnya. Bar dan tempat musik di Swedia menawarkan spesial Rabu malam dan tetap buka lebih lambat dari yang mereka lakukan selama sisa minggu kerja bagi mereka yang ingin memanfaatkan sepenuhnya.

Baca juga: Ingin Sukses Wawancara Kerja? Tanyakan 5 Pertanyaan Ini kepada Perekrut

Bagaimana lillördag membantu mengatasi kelelahan

Saat bekerja dari rumah, tidak ada pemisahan fisik antara kehidupan kantor dan kehidupan rumah. Hal ini memudahkan untuk terus bekerja dengan jam kerja yang jauh lebih lama daripada yang kita lakukan di lingkungan kantor tradisional. Ini juga mempersulit untuk meluangkan waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang tanggung jawab pekerjaan kita dengan benar.

“Burnout disebabkan oleh stres berkepanjangan atau berlebihan yang menyebabkan kelelahan fisik, mental, dan emosional,” kata Airey.

Ia mengatakan, Lillördag adalah cara yang bagus untuk memberikan waktu istirahat yang dibutuhkan otak kita, dan ini adalah rutinitas yang baik untuk mengingatkan diri kita sendiri untuk memberikan waktu istirahat yang sangat dibutuhkan untuk menghilangkan stres yang menumpuk selama paruh pertama minggu.

Teknik ini dapat membantu mengurangi stres secara teratur dan mencegah penumpukan yang dapat menyebabkan kelelahan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan