Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Keren! Warga di Surabaya rombak Barang Bekas Jadi Robot Penolong Covid-19

Dok/JawaPos

Topcareer.id – Warga di desa Tembok Gede di pedalaman Surabaya Jawa Timur berhasil mendaur ulang sampah menjadi robot penolong COVID-19.

Robot tersebut dirancang oleh penduduk desa dan ilmuwan Indonesia antara lain untuk menolong membawakan makanan kepada penduduk yang menjalani isolasi mandiri.

Rakitan eklektik dari barang-barang rumah tangga seperti panci, wajan, dan monitor televisi tua, disulap menjadi “Robot Delta.”

Dinamakan demikian sebagai perhatian terhadap varian virus corona yang sangat menular dan telah melanda Indonesia.

“Dengan varian Delta baru ini dan melonjaknya jumlah kasus COVID-19, saya memutuskan untuk menjadikan robot tersebut sebagai robot yang bisa digunakan untuk pelayanan publik seperti penyemprotan disinfektan, pengantaran makanan dan memenuhi kebutuhan warga yang melakukan isolasi mandiri,” kata Aseyanto (53), seorang pemimpin lingkungan yang mengepalai proyek tersebut.

Kepala robot terbuat dari penanak nasi dan dioperasikan dengan remote control dengan daya tahan baterai 12 jam.

Ini adalah salah satu dari beberapa robot yang dibuat di desa Tembok Gede, yang telah memenangkan reputasi untuk penggunaan teknologi secara kreatif.

Baca juga: Kenalkan Grace, Robot Perawatan Kesehatan Khusus COVID-19

Setelah menyusuri jalan menuju rumah seorang warga yang isoman, robot mengeluarkan pesan “Assalamu’alaikum,” diikuti dengan pesan “Pengiriman telah tiba. Cepat sembuh.”

“Robot Delta ini sangat sederhana. Saat kami membuat ini, kami murni menggunakan bahan bekas di lingkungan kami,” kata Aseyanto.

“Ini jauh berbeda dari robot yang digunakan di hotel mewah. Untuk alasnya, kita memakai sasis mobil mainan bekas,” kata anggota tim lainnya yang merupakan seorang dosen teknik, Benazir Imam Arif Muttaqin.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan