Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Seberapa Penting minuman Berenergi saat Berolahraga?

Dok/Running Shoes Guru

Topcareer.id – Jangan remehkan kewajiban minum air. Terhidrasi dalam takaran yang cukup, sangat penting bagi fungsi sel dan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, air juga dapat membantu mengatur suhu tubuh, melancarkan sendi, organ, dan jaringan tubuh.

Ini juga sangat diperlukan ketika kamu melakukan aktivitas olahraga yang intens.

Menurut Director, Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition, Dana Ryan, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan cairan saat olah raga.

Tak hanya air, minuman suplemen energi juga terkadang diperlukan untuk menyediakan bahan bakar yang sangat baik untuk energi.

Bahaya dehidrasi saat Olahraga

Ketika berolahraga tanpa minum cukup cairan, kamu berisiko terkena beberapa gejala dehidrasi seperti sakit kepala, mulut kering, tubuh lemas, hingga kelelahan otot (kram).

Yang pasti selain menguras mental dan fisik, dehidrasi juga akan membatasi aktivitas yang kamu lakukan.

Seperti yang sering kamu dengar, para ahli merekomendasikan 8 gelas air per hari. Namun, perlu diingat, hal ini juga harus mempertimbangkan usia, ukuran, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik.

Sebagai contoh, seorang atlet tentu membutuhkan lebih banyak air daripada orang dengan aktivitas biasa.

Baca Juga: Ini Risiko Jika Adiktif pada Olahraga Lari

Perlukah minuman berenergi?

Meskipun konsumsi air menjadi prioritas utama, ada kalanya tubuh kita membutuhkan tambahan gula dan elektrolit. Ini penting untuk mempertahankan tingkat energi dan status hidrasi selama berolahraga.

Air sendiri merupakan bahan bakar yang lebih disarankan untuk hidrasi saat berolahragam. Latihan di bawah 60 menit biasanya tidak memerlukan minuman suplemen energi.

Namun, jika kamu sangat aktif, contohnya berolahraga selama lebih dari 60 menit, tubuh akan membutuhkan elektrolit dari minuman suplemen energi untuk mengisi kembali cairan yang hilang.

Baik untuk Keringat dan kelelahan

Keringat terdiri dari air, serta mengandung sejumlah besar elektrolit, natrium, dan klorida. Semakin intens berolahraga, semakin banyak kamu berkeringat dan membutuhkan hidrasi.

Otak dan otot kita bergantung pada glukosa (gula) untuk energi setelah olahraga yang berkepanjangan, dan dehidrasi dapat berdampak negatif pada kinerja serta menyebabkan kelelahan dini.

Makanan sehat sebelum dan sesudah berolahraga adalah cara yang bagus untuk mengisi bahan bakar dan mengisi kembali energi, tetapi makan saat berolahraga tidak sarankan.

Minuman suplemen energi adalah cara paling nyaman untuk menghidrasi dan mengonsumsi nutrisi penting selama melakukan olahraga yang intensif.

Minuman karbohidrat-elektrolit meningkatkan kinerja atletik dengan meningkatkan gula darah dan mempertahankan tingkat oksidasi karbohidrat yang tinggi, yang pada akhirnya mencegah kelelahan dan kekurangan tenaga yang dirasakan.

Namun, patut diingat, mengonsumsi minuman berenergi juga perlu pertimbangan serius. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kamu untuk menentukan mana minuman berenergi yang paling tepat untuk kamu.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan