Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juli 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mau Jadi Pelaut di Samudera Indonesia? Ini Prosedurnya

Topcareer.id – Tak hanya bagi pria, teruntuk kamu para wanita yang berminat keliling dunia sambil digaji menjadi pelaut, jangan takut untuk ikut serta melamar bekerja di PT Samudera Daya Maritim yang bulan Agustus 2021 ini membuka banyak sekali lowongan kerja.

Meskipun masih lebih tinggi pelamar pria secara persentasenya, namun peluang yang sama dibuka juga untuk wanita, seperti yang dilakukan oleh Royal Caribbean Cruise.

Cruise Dept. Head PT SDM Maria Ulfa, membagikan tips simple pada Topcareer.id untuk memuluskan langkah bergabung di PT SDM sebagai pelaut.

Keterampilan bahasa Inggris
Untuk kapal pesiar, kamu harus jago bahasa inggris, tidak perlu grammar sempurna, setidaknya kamu lancar conversation.

Pengalaman relevan
Setidaknya kamu memiliki pengalaman bekerja di bidang terkait selama 1 tahun. Kamu bisa menggabungkan pengalaman pelatihan 6 bulan dan pengalaman kerja 6 bulan di hotel atau di cruise untuk kapal pesiar.

Teliti dan jeli dalam administrasi
Untuk merchant (shipping container) ada pakemnya, perhatikan dengan seksama requirements dan persyaratan berkas dari perusahaan.

Baca juga: Capt Suarniati, Nahkoda Wanita Asal Aceh Pendobrak Diskriminasi Gender

Jujur
Terakhir, jangan lupa lengkapi CV dengan surat lamaran juga, dan jangan coba-coba memberikan CV palsu. Karena PT SDM pasti melakukan mitigasi.

Prosedur untuk dilalui setiap kandidat
Untuk melamar berbagai lowongan kerja yang dibuka PT SDM, kamu wajib registrasi terlebih dahulu melalui link http://sism.co.id/cruise/reg.

Setelah masuk pada link tersebut, kamu diharuskan mengisi dan melengkapi semua kolom yang diperlukan untuk bisa melaju ke langkah berikutnya.

Pada step setelah proses registrasi, recruiter akan melakukan screening kelengkapan dokumen yang diminta dan pengalaman kamu.

Selanjutnya kamu akan mendapatkan briefing dan mulai pre-screening dengan wawancara bersama Samudera Team.

Setelah berhasil melalui tahap pre screening, kamu akan melaju untuk interview dengan user langsung. Pada level ini kamu akan dinilai kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan teknis dan psikometri (untuk MSC).

Jika lolos pada tahap wawancara dengan user, kamu akan diterima bekerja dan diminta untuk mempersiapkan diri menjalani training.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan