Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Coba Cara Satu Ini untuk Cegah Kebiasaan Belanja Impulsif

Ilustrasi (dok. REUTERS/Mark Makela)

Topcareer.id – Apakah kamu sering melakukan pembelian tanpa berencana? Tiba-tiba belanja ini-itu tanpa tahu akan digunakan untuk apa. Belanja impulsif atau pembelian impulsif seperti itu akan membuat perencanaan keuanganmu kacau balau.

Jadi bagaimana menyiasatinya? Memikirkan kapan kamu berbelanja dapat membantumu menghindari pengeluaran berlebih. Dan itu bisa sangat penting agar tetap sesuai anggaranmu.

Salah satu strategi yang dapat membantu adalah memilih hari tertentu dalam seminggu atau sebulan untuk berbelanja. Daripada langsung membeli sesuatu, tunggu sampai hari yang kamu tentukan, seperti Selasa atau hari terakhir bulan itu, untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Seberapa Penting Minuman Berenergi Saat Berolahraga?

Dengan menunggu, kamu memberi dirimu waktu untuk memutuskan apakah barang itu sepadan dengan uangnya. Kamu mungkin menemukan bahwa kamu sebenarnya tidak membutuhkan, atau menginginkannya.

“Paling tidak, cobalah menunggu setidaknya 24 jam sebelum melakukan pembelian impulsif untuk menghilangkan godaan. Dengan begitu, kamu meluangkan waktu untuk merencanakan pembelianmu, daripada membeli barang secara impulsif,” tulis laman CNBC Make It.

Ini juga membantu untuk memasukkan tujuan keuangan jangka panjang ke dalam anggaran bulanan kamu. Apakah kamu berencana pindah ke apartemen baru, membeli mobil, atau memesan tiket liburan?

Dengan tetap mengingat tujuanmu yang lebih besar, kamu mungkin memutuskan untuk melupakan pembelian yang lebih kecil dan memasukkan uang itu ke dalam tabungan atau investasi.**(Feb)

Tinggalkan Balasan