Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Kebohongan Perekrut saat Interview (Bagian 1)

Interview kerja. (Pexels)

Topcareer.id – Mendapat wawancara pertama dalam proses pencarian kerja selalu merupakan perasaan yang menggembirakan. Kamu telah memeriksa semua kotak dalam persiapan, mencetak resume, mengenakan pakaian wawancara terbaik, dan kamu pikir semua siap untuk pergi.

Kamu siap segalanya kecuali satu, seorang perekrut mengatakan kebohongan. Beberapa perekrut (yang dibayar komisi untuk merekrut) telah menggunakan taktik membengkokkan kebenaran ini selama berabad-abad. Melansir Ladders, berikut beberapa kebohongan umum yang digunakan perekrut saat interview pertama.

1. Kamu harus menerima tawaran ini sekarang; sebelum diambil, tidak ada yang lebih baik di luar sana

Taktik tekanan umum untuk mengisi posisi dengan cepat, memberi tahumu bahwa tidak ada penawaran lain, adalah 100% bohong. Ingat, selalu ada posisi yang lebih baik, gaji yang lebih baik, dan tawaran yang lebih baik di tempat lain.

2. Abaikan ulasan negatif tentang perusahaan ini; tidak ada kebenaran di belakang mereka

Berhati-hatilah saat kamu mendengar pernyataan defensif tentang ulasan, dan pastikan untuk melakukan uji tuntasmu dalam meneliti perusahaan untuk mendapatkan deskripsi yang akurat tentang reputasi mereka. Dalam kebanyakan kasus, mungkin ada beberapa kebenaran di balik keluhan.

Jangan takut untuk menggali lebih dalam dan mengajukan lebih banyak pertanyaan kepada perekrut tentang ulasan negatif. Kunjungi situs web yang memberikan ulasan lebih rinci tentang perusahaan. Bahkan cobalah untuk berbicara dengan karyawan saat ini jika berlaku.

Baca juga: Kerja Full Time Jarak Jauh Atau Hybrid, Mana Yang Paling Cocok Untukmu?

3. Kami akan menghubungi Anda

Kami akan menghubungi Anda adalah pertanda baik bahwa itu bisa berhasil untuk Anda; namun, tanpa jadwal yang ditetapkan dalam proses tindak lanjut, ini berarti Anda mungkin harus mengambil inisiatif untuk menghubungi kembali. Di sisi lain, itu juga bisa berarti Anda bukan orang yang mereka cari – mereka tidak ingin memberi tahu Anda!

4. Anda terlihat hebat

Komentar klasik ini bisa jadi benar atau bohong. Dalam beberapa kasus, perekrut berusaha menjelaskan secara profesional bahwa Anda bukan kandidat terbaik yang dapat memenuhi tanggung jawab pekerjaan atau bukan koneksi selama wawancara. Pastikan untuk membaca bahasa tubuh untuk memahami konteksnya.

5. Kami menerima nama Anda melalui kontak timbal balik yang telah memilih untuk tetap anonim

Terkadang perekrut mungkin menghubungi Anda di platform populer seperti LinkedIn atau mengirimi Anda email. Ketika Anda bertanya bagaimana mereka menemukan Anda, mereka mungkin menyebutkan “sumber anonim.”

Ini jelas merupakan bahasa kode untuk menyatakan bahwa mereka sendiri telah melakukan penelitian tentang Anda pada sumber terbuka dan oleh karena itu menandai Anda sebagai kandidat potensial.**(Feb)

Tinggalkan Balasan