Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan setelah Vaksin Covid-19

vaksinasi

Topcareer.id – Untuk meminimalisir penyebaran virus corona, masyarakat pun diimbau untuk mau mengikuti program vaksinasi Covid-19 baik yang diinisiasi pemerintah ataupun oleh perusahaan-perusahaan tempat mereka bekerja.

Dikutip dari Covid19.go.id, ternyata ada 5 hal yang perlu dilakukan setelah kamu disuntik vaksin lho, seperti:

Tetap di tempat untuk observasi
Setelah disuntik vaksin, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap berada di lokasi vaksinasi selama 15 sampai 30 menit.

Gunanya, mengobservasi kemungkinan adanya reaksi alergi atau efek samping lain setelah mendapatkan suntikan vaksin.

Beberapa tanda alergi terhadap vaksin adalah gatal di seluruh tubuh, muntah, bersin-bersin, sesak napas, hingga pingsan. Bila merasakan gejala ini, segera laporkan petugas vaksin atau panitia vaksin yang ada di lokasi.

Cari tahu tanggal vaksin kedua
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan vaksinasi Covid-19 dilakukan dengan 2 kali dosis penyuntikan. Begitu pula dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Jadi pastikan kamu mengetahui jadwal vaksinasi berikutnya sebelum meninggalkan lokasi vaksin. Tanyakan pada petugas atau panitia vaksinasi kapan kamu harus menerima vaksin kedua dan di mana lokasinya.

Biasanya jarak suntikan kedua 4-12 minggu. Namun hal ini akan tergantung dari merek vaksin yang kamu terima. Segera catat tanggalnya, bila perlu buat pengingat di ponsel kamu agar tidak terlewat.

Baca juga: 5 Juta Dosis Sinovac Tiba, Segini Total Vaksin Covid yang Diterima RI

Perhatikan diri
Sesampai di rumah, usahakan untuk tetap memantau kondisi tubuh kamu ya, sebab respon vaksin akan berbeda-beda pada tiap tubuh setiap orang, termasuk efek samping yang dirasakan.

Nah, jika kamu mengalami efek samping ringan seperti mengantuk, pusing dan semacamnya jangan khawatir, karena hal ini berarti imun tubuh kamu merespon materi genetik virus yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Biasanya, efek samping ini akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-3 hari. Untuk meringankan efek samping, kamu boleh minum obat penahan rasa sakit seperti parasetamol.

Selain itu, jangan lupa konsumsi air putih yang banyak dan beristirahat untuk meredakan efek sampingnya.

Namun jika kamu merasakan efek samping lebih dari satu minggu, segera hubungi dokter yang memberikan vaksin atau nomor kontak dokter yang diberikan saat vaksinasi.

Merawat lengan yang disuntik vaksin
Biasanya lengan yang disuntik akan terasa pegal dan sedikit bengkak. Kompreslah dengan es atau handuk yang direndam air dingin untuk mengurangi gejala. Ini cukup membantu menghilangkan pegal dan bengkak.

Disiplin protokol kesehatan
Ingat, meski sudah divaksin, bukan berarti kamu kebal dari infeksi Covid-19. Antibodi tubuh akan lebih siap menghadapi virus SARS-CoV-2. Antibodi tubuh baru akan terbentuk dua minggu setelah disuntik vaksin.

Karena itu, kamu tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Terutama memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan menghindari keluar rumah jika tidak benar-benar diperlukan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply