Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

RI Sudah Suntikkan 90 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Peringkat 9 Dunia

Menkes: Kenaikan Kasus Covid Diprediksi Hingga Akhir JuniMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Humas Setkab)

Topcareer.id – Hingga Senin (23/8/2021), cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai lebih dari 90 juta dosis. Presiden Joko Widodo memerintahkan untuk target penyuntikan capai 100 juta dosis vaksin pada akhir Agustus 2021.

“Per hari ini, Indonesia sudah menyuntikkan 90 juta dosis, kita menembus angka 90 juta. Kita masuk di ranking nomor 9 dunia untuk jumlah penyuntikan,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya, Senin (23/8/2021).

Dari sisi orang yang disuntik, kata Menkes, per 23 Agustus 2021 Indonesia sudah berhasil menyuntikkan 58 juta orang suntik pertama dan itu merupakan ranking keenam di dunia.

Menkes mengungkapkan, pada bulan Agustus ini, Indonesia akan memperoleh sebanyak 4,6 juta dosis vaksin Pfizer dari jalur kerja sama multilateral COVAX Facility. Sebelumnya, sebanyak 1,56 juta dosis vaksin Pfizer melalui jalur komersil juga telah tiba di Tanah Air, Kamis (19/08/2021).

“Bulan ini, kita akan datang 62,6 juta dosis (vaksin), kalau dibandingkan Januari sampai Juli (sebanyak) 90 juta dosis, bulan Agustus saja kita akan kedatangan 62,6 juta. Di akhir bulan kita akan juga kedatangan 4,6 juta dosis Pfizer yang merupakan hasil kerja sama multilateral vaksin gratis dari COVAX,” ujarnya.

Budi mengungkapkan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan agar vaksin yang ada tersebut segera disuntikkan kepada masyarakat dan tidak ditahan sebagai stok.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Bahaya Cetak Kartu Vaksin

Kemenkes telah menyediakan laman resmi vaksin.kemkes.go.id yang dapat diakses masyarakat untuk melihat semua stok vaksin di seluruh kabupaten/kota dan juga laju penyuntikkannya.

“Jadi stok vaksin sesuai dengan arahan Bapak Presiden sebisa mungkin segera dipakai, itu bisa dikontrol juga secara publik ada di website-nya vaksin.kemkes.go.id,” ujar Budi.

Dalam keterangan pers pada Senin (28/8/2021), Presiden Joko Widodo menyampaikan mengenai upaya percepatan vaksinasi yang terus dilakukan pemerintah

“Dalam beberapa hari terakhir, saya melihat cakupan vaksinasi juga terus meningkat dan saat ini 90,59 juta dosis vaksin sudah disuntikkan. Saya minta kepada Menteri Kesehatan sampai akhir bulan Agustus ini, kita harus bisa mencapai penyuntikan lebih dari 100 juta dosis vaksin,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan