Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Para Ilmuwan Temukan Pulau Baru Paling Utara di Dunia

Wilayah Greenland Denmark. (AFP)

Topcareer.id – Para ilmuwan telah menemukan apa yang diyakini sebagai daratan paling utara di dunia, sebuah pulau yang belum diberi nama di utara Greenland yang dapat segera ditelan oleh air laut.

Para peneliti datang ke daratan dalam sebuah ekspedisi pada bulan Juli, dan awalnya mengira mereka telah mencapai Oodaaq, sampai sekarang pulau paling utara di planet ini.

“Kami diberitahu bahwa ada kesalahan pada GPS saya yang membuat kami percaya bahwa kami berdiri di Pulau Oodaaq,” kata Kepala Misi, Morten Rasch dari departemen geosains dan manajemen sumber daya alam Universitas Kopenhagen, dikutip dari Channel News Asia, Senin (30/8/2021).

“Pada kenyataannya, kami telah menemukan sebuah pulau baru lebih jauh ke utara, sebuah penemuan yang hanya sedikit memperluas kerajaan Denmark,” tambahnya.

Baca juga: Fosil Paus Berkaki Empat Ditemukan Di Mesir

Oodaaq terletak sekitar 700 km di selatan Kutub Utara, sedangkan pulau baru berjarak 780 m di utara Oodaaq.
Universitas Kopenhagen mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat malam (27 Agustus) pulau yang belum diberi nama adalah titik paling utara Greenland dan salah satu titik paling utara di Bumi.

Pulau ini berukuran sekitar 30 kali 60 meter dan naik menjadi sekitar tiga hingga empat meter di atas permukaan laut, menurut universitas di situs webnya. Ia mengatakan, pulau itu mungkin termasuk dalam kategori yang dikenal sebagai “pulau berumur pendek.”

“Tidak ada yang tahu berapa lama itu akan tetap ada. Pada prinsipnya, itu bisa hilang begitu badai baru yang kuat melanda,” kata Rasch.

Wilayah Denmark di Greenland sangat terpukul oleh perubahan iklim karena suhu yang lebih hangat telah mencairkan gletsernya, menyebabkan kenaikan permukaan laut yang mengkhawatirkan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan