Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ragam Manfaat Aplikasi Peduli Lindungi yang Jarang Diketahui

Aplikasi PeduliLindungi

Topcareer.id – Penggunaan aplikasi Peduli Lindungi kini tegah gencar digalakkan sebagai bentuk pelacakan digital untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui ragam manfaat aplikasi ini selain bisa menjadi media dalam mengakses layanan publik.

Beberapa lainnya sudah memanfaatkan aplikasi Peduli Lindungi untuk mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19. Mengutip laman resmi Satgas Penanganan Covid-19, berikut beberapa manfaat dari aplikasi Peduli Lindungi.

1. Memberikan peringatan pada pengguna

Pengguna PeduliLindungi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

2. Pengawasan (surveillance)

Dengan adanya informasi lokasi pengguna yang dibagikan saat bepergian memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar COVID-19 selama 14 hari ke belakang. Pemerintah jadi lebih mudah mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

Baca juga: Begini Cara Pemerintah Cegah Varian Mu Masuk Ke Indonesia

3. Mengunduh sertifikat vaksin

Masyarakat yang sudah disuntik vaksin COVID-19 bisa mengunduh sertifikat vaksin lewat fitur yang ada di aplikasi ini.

4. Informasi hasil tes COVID-19

Dalam aplikasi PeduliLindungi juga terdapat fitur yang bisa menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

5. Sebagai bukti untuk mengakses layanan publik

Aplikasi ini sangat berguna bagi petugas di bandara, pusat perbelanjaan atau di tempat lainnya untuk mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum. Hanya dengan menunjukkan atau lewat fitur pindai QR Code akan ditampilkan data vaksinasi Anda.

Leave a Reply