Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Cara Optimalkan Kekebalan Tubuh secara Alami tanpa Suplemen Apapun (Bagian 2)

Dok. Best Health Magazine Canada

Topcareer.id – Imunitas atau kekebalan tubuh merupakan kata kunci paling favorit di masa pandemi COVID-19.

Kebanyakan orang melakukan segala cara termasuk mengonsumsi beragam suplemen dan obat-obatan demi meningkatkan imun tubuh.

Sistem kekebalan kamu dalam melawan infeksi sebetulnya membutuhkan lebih dari sekadar jenis makanan yang tepat untuk berkembang.

Banyak orang meributkan obat-obatan dan suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh, padahal faktanya imunitas dapat diperoleh secara alami.

Berikut ini enam hal yang bisa kamu lakukan saat ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh tanpa suplemen ataupun obat-obatan.

Lanjutan dari bagian pertama dari artikel:

4) Kurangi stres
Saat stres, tubuh kamu akan melepaskan hormon yang disebut kortisol sebagai bagian dari respons alami melawan atau lari untuk membantumu menghadapi situasi.

Kecuali, ketika kamu terus-menerus stres, justru kortisol yang dapat ditemukan di tubuhmu dalam kadar tinggi tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Sebab terlalu sering stres menyebabkan jaringan tubuh mulai kurang sensitif terhadapnya.

Pada gilirannya, ini bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh menjadi menurun akibat terlalu berat membantu mengatur hormon stres.

Jika kamu masih berada dalam cengkeraman kekhawatiran yang terus-menerus, coba lakukan teknik manajemen stres.

5) Jangan abaikan olahraga
Berolahraga dan bergeraklah SEKARANG! Jangan malas. Karena ilmu pengetahuan mengatakan bahwa orang yang berolahraga cenderung menghasilkan lebih banyak sel T daripada mereka yang tidak.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Sport and Health Science juga menyatakan bahwa setiap kali melakukan olahraga ringan, kamu bisa merangsang sel-sel kekebalan yang sangat aktif.

Dengan demikian pastinya kamu bisa meningkatkan sistem pertahanan alami tubuhmu dalam melawan berbagai macam serangan virus maupun penyakit.

Tidak perlu pergi ke gym atau menghabiskan waktu berjam-jam di atas matras yoga untuk menuai manfaat olahraga.

Setiap jenis aktivitas fisik termasuk menari mengikuti musik favorit, berlari di tempat, dan naik turun tangga rumah atau kantor dua hingga tiga kali sudah cukup.

Baca juga: Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Lawan Long Covid

6) Makan makanan rumahan
Pandemi COVID-19 telah membuat pemesanan dan makan di luar menjadi urusan yang berisiko.

Namun, junk food atau makanan olahan cenderung memicu respons peradangan tubuh yang menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh.

Faktanya, sebuah penelitian dari University of Bonn mengklaim bahwa sistem kekebalan tubuh cenderung bereaksi terhadap diet tinggi lemak dan tinggi kalori seperti halnya terhadap infeksi bakteri.

Respon agresif ini, bila diulang yaitu ketika kamu berulang kali makan junk food, sistem kekebalan kamu akan hiperaktif dan bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh dalam jangka panjang.

Makanan yang bersih dan dimasak sendiri di rumah digabung dengan olahraga teratur, tidur yang cukup, dan tidak stres, sudah mencukupi untuk mendapat imun yang baik.

Jadi, apa jawaban untuk pertanyaan terkait “Bagaimana meningkatkan kekebalan tubuh tanpa suplemen?”

Jawabannya cukup simple, yakni dengan menjalani gaya hidup sehat.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan