Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Ancaman Robot di Bidang Industri, Siap Gantikan Para Pekerja yang Menua

Topcareer.id – Sebuah studi baru memiliki kesimpulan ternyata robot mengambil alih pekerjaan tercepat di seluruh dunia di tempat-tempat di mana pekerja-pekerja manusia menua paling cepat.

Studi tersebut melihat data demografis dan tingkat industri di 60 negara dan menemukan hubungan yang kuat antara angkatan kerja yang menua – yang didefinisikan sebagai rasio pekerja berusia 56 dan lebih tua, dibandingkan dengan mereka yang berusia 21 hingga 55 – dan penggunaan robot, dengan fokus khusus pada industri.

Penelitian menunjukkan usia saja menyumbang 35 persen dari variasi antar negara dalam adopsi robot mereka, dengan mereka yang memiliki pekerja yang lebih tua jauh lebih mungkin untuk mengadopsi mesin.

“Penuaan adalah bagian besar dari cerita dalam adopsi robot,” kata Daron Acemoglu, seorang ekonom di Massachusetts Institute of Technology yang melakukan penelitian dengan Pascual Restrepo dari Universitas Boston.

Baca juga: Masa Pandemi Membuat Perempuan Getol Berjualan

Penelitian ini sesuai dengan tren lama di negara-negara seperti Korea Selatan dan Jerman – yang keduanya memiliki angkatan kerja yang menua dengan sangat cepat – juga merupakan salah satu pengadopsi robot tercepat di dunia, berdasarkan jumlah robot per pekerja manusia yang mereka gunakan.

“AS memiliki keunggulan teknologi yang sangat besar di banyak bidang – termasuk perangkat lunak dan (kecerdasan buatan). Tetapi dalam robot, Jerman, Jepang, dan baru-baru ini Korea Selatan, yang lebih maju,” kata Acemoglu, mengutip Reuters, Jumat (17/9/2021).

Acemoglu menambahkan, dari 15 perusahaan robotika teratas dunia, tujuh berbasis di Jepang dan tujuh di Jerman.
Para peneliti menemukan pola serupa di dalam ekonomi AS – dengan wilayah metropolitan yang memiliki tenaga kerja yang lebih tua juga melihat adopsi robot yang besar setelah tahun 1990.**(Feb)

Tinggalkan Balasan