Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Minuman yang bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Liver Doctor)

Topcareer.id – Berbagai jenis minuman mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol atau menjaganya secara sehat. Kolesterol adalah zat lilin yang digunakan tubuh untuk membuat sel dan hormon.

High-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL) adalah dua jenis kolesterol yang berbeda.

Ketika kadar kolesterol tidak sehat tinggi, itu akan meningkatkan risiko kondisi kesehatan yang serius seperti stroke atau serangan jantung.

Artikel ini membahas minuman yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, serta minuman yang harus dihindari. Berikut ini jenis minuman yang dapat membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol.

Lanjutan dari bagian pertama dari artikel:

5) Smoothie berry
Banyak buah beri kaya akan antioksidan dan serat, yang keduanya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Tak hanya itu, buah beri juga rendah kalori dan lemak.

Campurkan sekitar 80 gram buah beri apa pun dengan 1/2 cangkir susu rendah lemak atau yogurt dan 1/2 cangkir air dingin untuk dijadikan minuman enak dengan manfaat kesehatan.

6) Minuman kakao
Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam. Ini mengandung antioksidan yang disebut flavanol yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah studi 2015 menemukan bahwa mengonsumsi minuman 450 mg yang mengandung flavanol kakao dua kali sehari selama 1 bulan menurunkan kadar kolesterol LDL “jahat” sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik.”

7) Smoothie susu nabati
Banyak jenis susu nabati mengandung bahan-bahan yang dapat membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol.

Seseorang dapat membuat smoothie yang cocok menggunakan susu kedelai atau susu gandum.

Buat smoothie kedelai atau oat dengan mencampurkan 1 cangkir (250 ml) susu kedelai atau oat dengan buah atau sayuran penurun kolesterol, seperti:

  • Pisang
  • Anggur
  • Mangga
  • Melon

Baca juga: 10 Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Migrain (Bagian 2)

8) Alkohol
Bagi yang tidak berhalangan untuk mengonsumsi alkohol, beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi alkohol tingkat rendah hingga sedang bisa lebih bermanfaat dalam hal kesehatan jantung.

Konsumsi alkohol moderat meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik.” Dampak alkohol terhadap kadar kolesterol sangat bergantung pada faktor-faktor termasuk seberapa banyak seseorang minum.

Awas! Peminum alkohol berat justru bisa meningkatkan kolesterol dan efek negatifnya lebih besar daripada manfaatnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan