Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, March 3, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Migrain (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Tech Explorist)

Topcareer.id – Banyak hal yang bisa memicu serangan migrain, termasuk apa saja yang kamu makan dan minum sehari-hari.

Menurut Migraine Research Foundation, makanan yang memicu migrain hanya dapat terjadi jika dikombinasikan dengan pemicu lain.

Namun kombinasi ini dan pemicu apa pun secara umum sangat bersifat individual. Tidak ada yang namanya pemicu migrain universal.

Tetapi ada beberapa pemicu umum yang dapat menyebabkan atau berkontribusi menyebabkan migrain seperti berikut ini:

Bagian kedua dari artikel:

6) Daging yang diawetkan
Daging yang diawetkan seperti daging ham, hot dog, dan sosis semuanya mengandung pengawet yang disebut nitrat, untuk menjaga warna dan rasa. Makanan ini bisa melepaskan oksida nitrat ke dalam darah, yang diduga bisa melebarkan pembuluh darah di otak.

Baca juga: Tips Pola Makan Sehat Selama Masa Karantina COVID-19

7) Keju tua
Keju tua mengandung zat yang disebut tyramine. Ini terbentuk ketika penuaan makanan menyebabkan pemecahan protein. Semakin lama keju berumur, semakin tinggi kandungan tyraminenya yang bisa memicu sakit kepala dan migrain. Keju umum yang tinggi tyramine meliputi feta, keju biru, dan parmesan.

8) Makanan acar dan fermentasi
Makanan yang diawetkan dan difermentasi dapat mengandung tyramine dalam jumlah tinggi. Makanan ini meliputi acar, kimchi, kombucha (yang juga bisa mengandung alkohol), acar Okra, hingga acar Jalapenos.

9) Makanan beku
Makan makanan dan minuman beku seperti es krim dapat memicu rasa sakit menusuk yang parah di kepala. Kamu kemungkinan besar akan mengalami sakit kepala yang menjadi serangan migrain jika makan makanan dingin terlalu cepat, setelah berolahraga, atau saat kepanasan.

10) Makanan asin
Makanan olahan asin mungkin mengandung bahan pengawet berbahaya yang dapat memicu migrain pada beberapa orang. Mengonsumsi natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan sakit kepala atau serangan migrain.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply