Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Gaji Kecil? Begini Cara untuk Bertahan Hidup (Bagian 2)

Waktu terbaik utuk ambil cuti demi kesehatan mental.

Topcareer.id – Selain mengancam nyawa, pandemi Covid-19 juga kita ketahui telah memporak-porandakan kehidupan ekonomi banyak orang.

Banyak perusahaan yang memutuskan untuk memotong sementara gaji karyawan mereka demi tetap survive menghadapi dampak pandemi.

Ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi para pekerja. Tentang bagaimana mereka harus bertahan hidup dengan gaji yang lebih kecil dari biasanya.

Nah, kalau kamu di antaranya, atau kebetulan memiliki gaji kecil, berikut beberapa tips untuk bisa tetap survive, seperti dikutip dari laman Rocket.

Bagian akhir dari artikel

Ciptakan kebiasaan baru yang positif
Ini mungkin sudah waktunya bagi kamu untuk menyadari jika sebagian kebiasaan yang kamu lakukan selama ini telah menyakiti keuangan kamu.

Sebagai contoh, jika kamu terbiasa makan siang di luar dan menghabiskan sekian puluh ribu rupiah setiap makan, mulailah untuk berhenti dan pilih membawa makanan hasil masakan dari rumah.

Kamu juga bisa mulai menyimpan kartu kreditmu, dan menghapusnya dari toko-toko online langgananmu, supaya kamu tak tergoda untuk membeli barang-barang yang tak perlu.

Jika kamu ingin membeli sesuatu, coba tunda dulu selama 24 hingga 48 jam untuk memastikan apakah kamu benar-benar memerlukannya, atau hanya tergiur saja.

Biasakan juga untuk membandingkan harga produk dari satu toko ke toko lain untuk mendapat harga paling wajar. Kamu juga bisa memanfaatkan diskon-diskon dari toko online untuk mendapat potongan harga yang signifikan.

Ingat, hindari membeli sesuatu hanya karena kamu sedang merasa bosan. Ini adalah kebiasaan tidak baik yang akan membuatmu kerepotan di akhir bulan.

Cari pekerjaan sambilan
Jika kamu memiliki waktu yang cukup luang, pertimbangkan beberapa pekerjaan sambilan yang bisa membantu keuanganmu.

Jika kamu memiliki kendaraan, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mendaftar ke ojek online, atau ke bagian delivery.

Kamu juga bisa membuka les private via online, membuka jasa pembuatan design, web, menjual kue-kue hasil masakan sendiri, dan hal-hal lain yang kamu kuasai.

Bersenang-senanglah
Siapa bilang gaji kecil tak bisa bersenang-senang. Ingat, kamu punya anggaran untuk itu, kamu hanya perlu menyesuaikannya sedikit.

Sebagai contoh, ada banyak organisasi yang menawarkan kegiatan gratis, atau tempat-tempat wisata dan penginapan bagus dengan harga terjangkau.

Setiap weekend, kamu juga bisa mencoba kuliner-kuliner enak, yang tersembunyi dan memiliki harga yang terjangkau.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan