Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jika Lakukan Ini di Menit Pertama Wawancara, Kamu Sulit Dipercaya

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Kesan pertama bisa menjadi pemecah kesepakatan dalam wawancara kerja apa pun. Kita mungkin menebak-nebak, apa yang diperhatikan orang ketika mereka bertemu dengan kita untuk pertama kalinya.

Sebuah survei baru telah mengungkapkan apa yang membuat kesan terbesar pada seseorang yang kamu temui untuk pertama kalinya, baik positif maupun negatif.

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan lensa kontak Inggris, Lenstore, menunjukkan betapa pentingnya kesan pertama dalam membantu kita memutuskan siapa yang harus dipercaya di tempat kerja.

Keterpercayaan

Lebih penting untuk dilihat sebagai orang yang dapat dipercaya daripada terampil atau kompeten dalam pertemuan pertama, menurut seorang psikolog sosial Harvard.

Namun di era rapat Zoom, kepercayaan menurun karena orang-orang merasa sulit untuk mempertahankan kontak mata melalui konferensi digital. Kontak mata adalah salah satu dari tiga cara utama kita memutuskan apakah seseorang dapat dipercaya, menurut survei Inggris.

Satu dari lima peserta mengatakan kontak mata adalah indikator kunci kepercayaan, diikuti dengan sering tersenyum dan menjaga postur tubuh yang baik. Yang lain juga mengatakan memiliki pakaian yang cerdas dan bercukur bersih menunjukkan orang yang dapat dipercaya.

Baca juga: Tips Karier Dari 5 Wanita Hebat Di Dunia Bisnis

Ini adalah faktor utama dalam memutuskan seseorang yang dapat dipercaya pada pandangan pertama:

  • Kontak mata (20%)
  • Banyak tersenyum (15%)
  • Postur tubuh yang baik (14%)

Di sisi lain, ketika seseorang menghindari kontak mata, pewawancara cenderung menganggap mereka tidak dapat dipercaya.

Subjek survei melihat faktor-faktor ini sebagai alasan utama dalam menemukan seseorang yang tidak dapat dipercaya pada awalnya:

  • Menghindari kontak mata (23%)
  • Tidak tersenyum (13%)
  • Bau tidak sedap (12%)

Jabat tangan yang longgar dan postur tubuh yang buruk adalah alasan untuk tidak mempercayai orang asing bagi satu dari 10 orang.

Kepercayaan diri

Lebih dari seperempat responden mengatakan kontak mata adalah faktor utama untuk menentukan apakah seseorang percaya diri saat pertama kali bertemu dengan mereka. Mereka juga menghargai postur yang baik dan sering tersenyum.

Tanda-tanda kepercayaan diri lainnya termasuk dicukur bersih atau berbau parfum.

Pemenang:

  • Kontak mata (27%)
  • Postur tubuh yang baik (26%)
  • Banyak tersenyum (23%)

Di kantor, responden mengatakan bahwa penampilan, kebersihan, dan jabatan merupakan tiga faktor yang pertama kali mereka perhatikan saat pertama kali bertemu dengan seseorang. Survei tersebut mewawancarai 1.000 orang di Inggris.**(Feb)

Tinggalkan Balasan