Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, November 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Cara Buat Sabun dari Minyak Jelantah

Dok/Kompas

Topcareer.id – Siapa sangka kita bisa menghasilkan uang tambahan hanya dari mengolah minyak yang sudah pernah dipakai alias minyak jelantah.

Ya, hanya bermodalkan minyak jelantah yang dianggap menjadi limbah rumah tangga dan biasanya dibuang begitu saja oleh masyarakat ke tanah, saluran air, maupun selokan, sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengaku bisa menyulapnya menjadi sabun yang bernilai ekonomis.

“Proses pengolahan minyak jelantah menjadi sabun sebetulnya cukup sederhana,” ujar salah satu mahasiswa, Dwiana saat mengajarkan ibu-ibu PKK Dusun Bayalangu, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, untuk membuat sabun dari bahan dasar minyak jelantah, pada Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Waspada, Daya Tahan Hand Sanitizer dan Cuci Tangan dengan Sabun Tidak Terlalu Lama

Lebih lanjut Dwiana mengungkapkan cara pembuataannya. Pertama yakni menyaring minyak yang tidak terpakai dan menambahkan larutan Kalium Hidrosida (KOH).

“Diaduk hingga menjadi pasta. Kemudian diencerkan dan diberi tambahan aloe vera, pewarna, serta minyak aromatik,” tambahnya.

Meski demikian, Dwiana mengimbau agar melakukan uji penyesuaian pH terhadap sabun cair yang telah jadi tersebut, agar aman ketika dipakai di kulit serta dapat bekerja dengan baik layaknya sabun bermerek yang mampu membersihkan tangan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan