Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Waspada, Daya Tahan Hand Sanitizer dan Cuci Tangan dengan Sabun Tidak Terlalu Lama

Dok. Getty Images

Topcareer.id – Waspadalah terhadap daya tahan hand sanitizer yang kamu gunakan. Karena sebenarnya hand sanitizer tidak memberikan perlindungan jangka panjang. Hal ini bertentangan dengan apa yang diyakini oleh banyak orang

Hampir semua orang berpikir bahwa hand sanitizer bertahan cukup lama untuk melindungi diri ancaman virus. Rekomendasi dari organisasi-organisasi terkemuka seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan bahwa salah satu cara untuk mencegah virus corona adalah dengan menggunakan hand sanitizer dengan setidaknya 70 persen alkohol.

Inilah masalahnya. Hand sanitizer sebetulnya tidak bekerja untuk melindungi dalam jangka panjang, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebenarnya adalah pilihan terbaik dan pertama, walaupun juga tidak untuk jangka panjang.

Baca juga: Begini Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri Menurut WHO

“Hand sanitizer yang mengandung alkohol adalah alternatif yang nyaman untuk pengganti sabun dan air. Idenya adalah ketika tempat cuci tangan tidak tersedia, kamu bisa menggunakannya,” kata Philip Tierno, PhD, seorang profesor klinis di departemen patologi di New York University Langone Medical Center.

“Pembersih tangan membunuh apa pun yang ada di tangan kamu pada saat itu,” kata Michael Lin, MD, profesor di divisi penyakit menular di Rush University Medical Center di Chicago. “Jika menyentuh sesuatu yang terkontaminasi, kamu tetap perlu membersihkan tangan lagi. Hal yang sama berlaku untuk sabun dan air,” katanya.

Tidak ada yang menjaga tangan kamu lebih lama dari beberapa menit. “Setelah kamu selesai mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, memang tidak ada efek residu yang bisa mengkontaminasi ulang tangan kamu segera,” kata Tierno.

Baca juga: Kenali Bahaya Disinfektan dan Pemakaian Hand Sanitizer Berlebih

Namun itu akan terjadi lagi setelah kamu menyentuh beberapa permukaan yang umum (dan seringkali kotor) seperti pegangan tangga, tombol lift, atau kalkulator.

Jadi, sebelum makan atau minum atau menyentuh wajah kamu dengan alasan apa pun, kamu sebaiknya harus mencuci lagi tangan kamu dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer. Tidak masalah jika kamu baru mandi 30 menit yang lalu, lakukan lagi sekarang. Sama halnya juga dengan mencuci tangan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply