Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

WHO Berencana Hilangkan Bentuk Meningitis Paling Mematikan pada 2030

Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus

Topcareer.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bertujuan untuk menghilangkan bentuk meningitis yang paling mematikan pada tahun 2030 melalui peningkatan kesadaran dan akses ke perawatan, rencana global yang diluncurkan oleh badan PBB pada Selasa (28/9/2021) untuk memerangi penyakit inflamasi.

Meningitis adalah peradangan berbahaya pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Meskipun biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus, meningitis bakteri membunuh lebih banyak orang daripada bentuk penyakit lainnya.

“Peta Jalan Global untuk Mengalahkan Meningitis pada 2030″ diluncurkan oleh koalisi mitra pada acara virtual di Jenewa untuk fokus pada pencegahan infeksi dan meningkatkan perawatan dan diagnosis bagi mereka yang tertular meningitis.

“Di mana pun itu terjadi, meningitis bisa mematikan dan melemahkan; menyerang dengan cepat, memiliki konsekuensi kesehatan, ekonomi dan sosial yang serius, dan menyebabkan wabah yang menghancurkan,” kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca juga: Ahli: Banyak Pandemi Akan Terjadi Kecuali Manusia Lakukan Ini

Penyakit ini paling umum di lebih dari 20 negara di Afrika Sub-Sahara. Jika tidak diobati, meningitis bakteri dapat menyebabkan epidemi yang menyebar cepat, membunuh satu dari 10 orang yang terinfeksi.

Sementara, satu dari lima orang dibiarkan dengan kondisi kronis termasuk kejang, kehilangan pendengaran dan penglihatan, dan kerusakan saraf.

Program yang dipimpin WHO juga bertujuan untuk mengurangi kematian akibat meningitis bakteri hingga 70% dan mengurangi separuh jumlah kasus secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan