Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jadilah Diri Sendiri! Ini 10 Ciri-Ciri Orang Otentik (Bagian 2)

Topcareer.id – Quote “Jadilah diri sendiri” sering kita dengar dan bahkan ingin sekali menjadi praktik sehari-hari. Tampak sederhana, namun itu adalah tantangan nyata. Menjadi otentik, berarti kamu harus memiliki tindakanmu sendiri dan memastikan tindakan itu selaras dengan keyakinan dan kebutuhanmu.

Ini bisa menjadi hal yang sulit untuk dipertahankan ketika kekuatan eksternal menekanmu untuk melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai atau menjadi seseorang yang tidak kamu sukai.

Orang otentik sangat selaras dengan siapa mereka dan apa yang mereka inginkan. Mengutip Linkedin, kemampuan mereka untuk menjalani hidup selaras dengan diri sejati mereka yang berasal dari beberapa kebiasaan yang dapat dipelajari dan dimasukkan ke dalam daftar perilaku kita.

6. Mereka tidak menerima saran siapa pun tanpa mengevaluasinya dengan cermat terlebih dahulu

Bukannya orang otentik tidak mau menerima nasihat. Tetapi mereka tidak menerapkan saran itu hanya karena orang lain melakukannya. Pertama, mereka akan menjalankannya dari perspektif kritis sehingga mereka yakin itu masuk akal bagi mereka.

7. Mereka tidak mengeluh tentang masalah mereka

Mengeluh adalah apa yang kamu lakukan ketika kamu berpikir bahwa situasi yang kamu alami adalah kesalahan orang lain atau tugas orang lain untuk memperbaikinya. Orang otentik, di sisi lain, bertanggung jawab. Mereka mengerti bahwa mereka—dan tidak ada orang lain—yang bertanggung jawab atas hidup mereka sendiri, jadi tidak ada gunanya mengeluh.

8. Mereka termotivasi secara internal

Orang-orang otentik tidak duduk di meja mereka sambil berpikir, “Yah, jika bos saya membuat pekerjaan ini bermanfaat, saya akan melakukan pekerjaan yang lebih baik.” Mereka termotivasi dari dalam diri mereka sendiri.

Baca juga: Tips Komunikasi Efektif Saat Wawancara Kerja Memakai Masker (Bagian 2)

9. Mereka membuat yang terbaik dari situasi apa pun

Orang otentik memiliki pemahaman yang sangat kuat tentang kenyataan. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan mereka, mereka tidak terjebak dalam penyangkalan, dan mereka tidak duduk-duduk mengeluh tentang bagaimana segala sesuatunya harus berbeda.

Mereka hanya memperhatikan keadaannya dan, jika tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk mengubah situasi, mereka mencari cara untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

10. Mereka tidak stres atau kesal ketika seseorang tidak menyukai mereka

Tidak pernah menyenangkan menerima bahwa seseorang tidak menyukaimu, tetapi sering kali ketidaknyamanan itu datang dari mencoba mencari tahu apa yang kamu lakukan salah atau bagaimana kamu bisa memperbaikinya.

Orang otentik tidak memiliki kecemasan itu karena mereka tidak akan pernah mencoba mengubah diri mereka sendiri untuk memengaruhi pendapat orang lain. Mereka menerima bahwa orang lain memiliki hak untuk menjadi otentik tentang perasaan mereka sendiri, bahkan jika perasaan itu negatif terhadap mereka.**(Feb)

Tinggalkan Balasan