Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jadilah Diri Sendiri! Ini 10 Ciri-Ciri Orang Otentik (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Quote “Jadilah diri sendiri” sering kita dengar dan bahkan ingin sekali menjadi praktik sehari-hari. Tampak sederhana, namun itu adalah tantangan nyata. Menjadi otentik, berarti kamu harus memiliki tindakanmu sendiri dan memastikan tindakan itu selaras dengan keyakinan dan kebutuhanmu.

Ini bisa menjadi hal yang sulit untuk dipertahankan ketika kekuatan eksternal menekanmu untuk melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai atau menjadi seseorang yang tidak kamu sukai.

Orang otentik sangat selaras dengan siapa mereka dan apa yang mereka inginkan. Mengutip Linkedin, kemampuan mereka untuk menjalani hidup selaras dengan diri sejati mereka yang berasal dari beberapa kebiasaan yang dapat dipelajari dan dimasukkan ke dalam daftar perilaku kita.

1. Mereka membantu orang lain untuk menjadi diri mereka yang sebenarnya

Orang otentik juga tidak mengharapkan orang lain untuk berperan. Mereka tidak membuat orang merasa seolah-olah mereka harus menyesuaikan diri dengan cetakan tertentu atau memproyeksikan citra tertentu untuk menjadi bagian dari kehidupan mereka. Komitmen mereka untuk menjadi otentik memberi orang lain kebebasan untuk hidup secara otentik juga.

2. Mereka melepaskan orang-orang negatif

Orang otentik memiliki terlalu banyak harga diri untuk bertahan dengan orang yang memperlakukan mereka dengan buruk atau memiliki niat buruk terhadap mereka, dan mereka terlalu menghormati orang lain untuk mencoba mengubahnya. Jadi mereka melepaskan—bukan karena marah, tetapi karena kebutuhan mereka untuk jujur pada diri mereka sendiri.

Baca juga: Tips Komunikasi Efektif Saat Wawancara Kerja Memakai Masker (Bagian 1)

3. Mereka mengungkapkan perasaan dan pendapat mereka yang sebenarnya, bahkan ketika mereka tidak populer

Orang otentik tidak menjalani gaya hidup ikut-ikutan. Mereka sama sekali tidak mampu bertindak dengan cara yang bertentangan dengan prinsip mereka, bahkan jika ada konsekuensinya. Mereka memilih untuk tidak membohongi orang lain, dan mereka terutama tidak bisa membohongi diri sendiri. Ini berarti bahwa mereka bersedia untuk hidup dengan akibat dari tetap setia pada diri mereka sendiri.

4. Mereka percaya diri

Kita kadang takut seseorang akan mengetahui bahwa kita tidak secerdas, berpengalaman, atau terhubung dengan baik seperti yang kita bayangkan. Orang otentik tidak memiliki rasa takut itu. Keyakinan mereka berasal dari fakta bahwa mereka tidak menyembunyikan apa pun. Siapa mereka tampaknya adalah siapa mereka sebenarnya.

5. Mereka lebih suka percakapan yang mendalam daripada obrolan yang tidak berarti

Eleanor Roosevelt pernah berkata, “Pikiran hebat mendiskusikan ide; pikiran rata-rata mendiskusikan peristiwa; pikiran kecil mendiskusikan orang.”

Kamu tidak akan menemukan orang-orang otentik yang bergosip tentang orang lain atau memberikan pendapat mereka tentang skandal selebriti terbaru. Mereka tahu semua hal itu tidak lebih dari jebakan budaya, dan mereka memilih untuk membicarakan hal-hal yang penting.**(Feb)

Tinggalkan Balasan