Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, November 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down di Beberapa Negara, Indonesia Termasuk

Aplikasi WhatsApp. Dok/Techlog360

Topcareer.id – Facebook, Instagram, dan WhatsApp terhubung kembali di internet secara global setelah mengalami down di sejumlah negara Selasa dini hari (5/10).

Pengguna aplikasi milik Facebook ini mengalami sekitar hampir enam jam pemadaman yang melumpuhkan platform media sosialnya.

Facebook tidak bisa login dan Instagram tidak bisa me-refresh feed, kamudian WhatsApp tidak bisa digunakan untuk berkirim pesan atau file apapun.

Sementara tiga aplikasi tersebut tak bisa diakses, banyak penggunanya berbondong-bondong berkeluh kesah di Twitter dan menggunakan telegram untuk berkirim pesan.

Laporan gangguan ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun di beberapa negara di Asia Tenggara bahkan di Amerika Serikat, dan sejumlah negara Eropa.

Kelompok pemantau situs web Downdetector menilai ini sebagai kegagalan terbesar yang pernah ada, dengan 10,6 juta laporan masalah secara global.

Baca juga: Siap-siap, WhatsApp Tak akan Bisa Dipakai di Smartphone Ini

Sekitar pukul 4.45 WIB Selasa (5/10), beberapa pengguna mulai mendapatkan kembali akses sebagian ke aplikasi media sosialnya.

Akibat kejadian ini, saham Facebook yang memiliki hampir 2 miliar pengguna aktif harian, dibuka lebih rendah setelah laporan whistleblower dan turun lebih jauh hingga diperdagangkan turun 5,3%.

Pakar keamanan mengatakan gangguan itu bisa jadi merupakan akibat dari kesalahan internal, meskipun sabotase oleh orang dalam secara teoritis mungkin terjadi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan