Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Wajib Cek! Ini Tips Bikin Surat Lamaran dari Pakar Karier Ternama

Dok. Top Resume

Topcareer.id – Sedang bingung menulis surat lamaran kerja? Tenang, penulis, pembicara, dan kolumnis ternama Vicki Salemi belum lama ini membagikan kiat-kiat terbaiknya untuk membuat surat pengantar alias surat lamaran bagi pencari kerja.

“Surat lamaran harus dibuat secara ringkas dan segera menyoroti kekuatan dan asetmu. Itu juga harus pendek, setengah halaman atau bahkan kurang,” ujar Vicki kepada Studio 512, seperti dikutip dari kxan.com

Vicki menambahkan, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat ringkasan yang menarik tentang karier kamu di bagian atas dari isi lamaran kamu.

“Ketika saya meninjau resume, saya menghabiskan kurang dari 5 detik — lebih seperti 2 hingga 3 — pada setiap resume, jadi jika saya melihat surat lamaran, ada baiknya memiliki pengulangan untuk menarik perhatian saya.”

Menurut Vicki, ketika memikirkan struktur surat lamaran, kita harus mempertimbangkan dalam tiga bagian.

Kalimat pertama harus menunjukkan posisi yang kamu kejar. Lalu mulai paragraf baru dan beri tahu perusahaan/manajer perekrutan mengapa kamu layak menjadi aset.

Baca juga: Peluang Kerja Mulai Melimpah Lho, Mulailah Lakukan Ini

Paragraf berikutnya merupakan waktu yang tepat untuk menguraikan pencapaian kamu dan faktor pembeda apa pun yang membedakan kamu dari kandidat lain.

Lalu di paragraf terakhir, ucapkan terima kasih atas waktu mereka dan beri tahu mereka bahwa kamu menantikan kabar dari mereka segera.

Kamu juga harus selalu menyertakan nama, alamat email, dan nomor telepon! Mungkin kamu merasa mengulangi informasi, tetapi ketika perekrut dan manajer perekrutan mengirim email resume dan surat lamaranmu, Bisa jadi keduanya terpisah.

Lalu, masih pentingkah surat lamaran? Jawabannya iya. Kamu harus selalu mengirim surat lamaran.

“Meski perusahaan tidak selalu membacanya, tetapi anggap ini sebagai kesempatan ekstra bagi kamu untuk bersinar!” ujarnya.

Seperti diketahui, Vicki Salemi adalah pakar karier untuk website Monster. Dia seorang penulis, pelatih karier, pembicara, kolumnis, juru bicara dan konsultan.

Vicki memberikan wawasan dari pengalamannya selama 15 tahun dalam perekrutan perusahaan dan sumber daya manusia, dan dia bersemangat untuk memberdayakan orang-orang dalam karier mereka.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan