Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Peristiwa Alam yang Terjadi Jika Suhu Bumi Memanas 1,5 Derajat Celcius

Earth (pixabay)

Topcareer.id – Setengah derajat Celcius mungkin tidak terlalu banyak, tetapi para ahli iklim mengatakan dunia yang telah menghangat 1,5 derajat Celcius di atas tingkat abad ke-19 dibandingkan dengan 2 derajat Celcius bisa menjadi perbedaan antara hidup dan mati.

Dua derajat Celcius Bumi akan membuat banyak orang yang menghadapi gelombang panas yang ekstrim lebih dari dua kali lipat. Seperempat miliar lebih banyak orang akan menghadapi kekurangan air. Samudra Arktik akan bebas es tidak sekali dalam satu abad tetapi sekali setiap 10 tahun.

Negara-negara yang menandatangani Perjanjian Paris berjanji untuk membatasi kenaikan suhu global – sudah 1,1 derajat Celcius di atas patokan pra-industri – jauh di bawah 2 derajat Celcius, dan sebaiknya pada 1,5 derajat Celcius.

Inilah yang dikatakan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) PBB yang dapat kita harapkan di dunia yang memanas 1,5 derajat Celcius, 2 derajat Celcius, dan seterusnya.

Gelombang Panas

Suhu maksimum di beberapa daerah akan meningkat tiga derajat jika iklim menghangat 1,5 derajat Celcius, empat derajat jika pemanasan global mencapai tanda 2 derajat Celcius. Gelombang panas yang terjadi sekali dalam satu dekade hari ini akan menjadi empat kali lebih mungkin pada 1,5 derajat Celcius, dan hampir enam kali lebih mungkin pada 2 derajat Celcius.

Peluang terjadinya musim panas ekstrem yang saat ini terlihat setiap 50 tahun sekali meningkat hampir sembilan kali lipat pada 1,5 derajat Celcius, dan 40 kali lipat di dunia 4 derajat Celcius.

Badai

Pemanasan global akan menyebabkan lebih banyak hujan di lintang yang lebih tinggi, utara dan selatan khatulistiwa, serta di daerah tropis dan beberapa zona monsun. Curah hujan di zona sub-tropis kemungkinan akan menjadi lebih jarang, meningkatkan momok kekeringan.

Baca juga: Sedih! Burung Pelatuk Gading Dinyatakan Punah

Peristiwa curah hujan ekstrem hari ini 1,3 kali lebih mungkin dan tujuh persen lebih intens daripada sebelum pemanasan global dimulai. Pada pemanasan 1,5 derajat Celcius, hujan ekstrem, hujan salju, atau peristiwa curah hujan lainnya akan menjadi 10 persen lebih berat dan 1,5 kali lebih mungkin.

Kekeringan

Di daerah rawan kekeringan, musim kering dua kali lebih mungkin terjadi di dunia dengan suhu 1,5 derajat Celcius, dan empat kali lebih mungkin jika suhu naik 4 derajat Celcius. Membatasi kenaikan suhu global rata-rata menjadi 1,5 derajat Celcius daripada 2 derajat Celcius akan mencegah tambahan 200 hingga 250 juta orang menghadapi kekurangan air yang parah.

Krisis makanan

Di dunia yang dua derajat lebih hangat daripada tingkat pra-industri, tujuh hingga 10 persen lahan pertanian tidak lagi dapat ditanami. Hasil panen juga diprediksi menurun, dengan panen jagung di zona tropis diperkirakan turun tiga persen di dunia yang lebih hangat 1,5 derajat Celcius dan tujuh persen dengan kenaikan 2 derajat Celcius.

Tingkat Laut

Jika pemanasan global dibatasi pada 2 derajat Celcius, tanda air laut akan naik sekitar setengah meter selama abad ke-21. Ini akan terus meningkat hingga hampir dua meter pada tahun 2300 – dua kali lipat jumlah yang diprediksi oleh IPCC pada tahun 2019. Membatasi pemanasan hingga 1,5 derajat Celcius akan mengurangi kenaikan permukaan laut sekitar 10 sentimeter.

Spesies dalam bahaya

Pemanasan global yang dibatasi pada 1,5 derajat Celcius berdampak negatif pada tujuh persen ekosistem. Pada 2 derajat Celcius, angka itu hampir dua kali lipat. Peningkatan 4 derajat Celcius akan membahayakan setengah dari spesies di Bumi.**(Feb)

Tinggalkan Balasan