Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Dear Wanita, Ini Kosmetik yang Berbahaya untuk Tubuhmu

Ilustrasi kosmetik. Dok/Desisachiko

Topcareer.id – Bagi kaum hawa, merawat diri adalah suatu hal yang tak bisa dihindarkan. Baik hanya untuk sekedar kebersihan ataupun mempercantik diri.

Meski demikian, tidak semua produk kecantikan aman dipakai lho. Hal ini terbukti dari rilis yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dimana ada sejumlah kosmetik yang diketahui mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) atau bahan yang dilarang karena berbahaya bagi kesehatan.

“Temuan bahan dilarang/bahan berbahaya ini didominasi oleh Hidrokinon dan pewarna dilarang, yaitu Merah K3 dan Merah K10,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM, Reri Indriani saat memberikan keterangan pers pada Hari Rabu (13/10/2021).

Bagi yang belum familiar, penggunaan kosmetika yang mengandung Hidrokinon dapat menimbulkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, serta ochronosis (kulit berwarna kehitaman). Sedangkan pewarna Merah K3 dan Merah K10 merupakan bahan yang berisiko menyebabkan kanker yang bersifat karsinogenik.

Baca juga: Teruntuk HRD, Ini Pesan Penting dari Satgas Covid

Terhadap berbagai temuan tersebut, BPOM melalui Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia pun telah melakukan penertiban ke fasililitas produksi dan distribusi, termasuk retail.

Sebagai tindak lanjut pengawasan, pemilik nomor izin edar telah diperintahkan untuk menarik produk-produk tersebut dari peredaran dan memusnahkannya. Badan POM juga mencabut izin edar obat tradisional, suplemen Kesehatan, dan kosmetika tersebut.

“Kepada produsen yang memproduksi dan importir yang memasukkan produk mengandung bahan berbahaya dan/atau ilegal ke wilayah Indonesia, diperintahkan untuk melakukan penarikan produk dari peredaran untuk dimusnahkan. Apabila ditemukan indikasi pidana, maka akan dilakukan proses pro-justitia oleh Pegawai Penyidik Negeri Sipil (PPNS) Badan POM,” tegas Reri.

Untuk melihat kosmetika apa saja yang berbahaya untuk tubuh ini, silahkan klink link ini. Selalu berhati-hati ya ladies dalam memilih kosmetik.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan