Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Para Peneliti: Air Laut Tetap akan Naik Meski Pemanasan Global Berhenti

Ilustrasi lautan. (foto: Oceana)Ilustrasi lautan. (foto: Oceana)

Topcareer.id – Para peneliti memperingatkan, bahkan jika umat manusia membatasi pemanasan global pada 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri, ketinggian laut tetap akan naik selama berabad-abad yang akan datang dan menggenangi kota-kota rawa yang saat ini menjadi rumah bagi setengah miliar orang.

Environmental Research Letters melaporkan, di dunia yang memanas setengah derajat di atas patokan itu, tambahan 200 juta penduduk kota saat ini membuat secara teratur air laut setinggi lutut dan lebih rentan terhadap gelombang badai yang menghancurkan.

Pukulan terburuk dalam skenario apa pun adalah wilayah Asia, yang menyumbang sembilan dari sepuluh kota besar dengan risiko tertinggi.

Tanah rumah bagi lebih dari setengah populasi Bangladesh dan Vietnam berada di bawah garis pasang tinggi jangka panjang, bahkan di dunia 2C.

Kawasan terbangun di China, India dan Indonesia juga akan menghadapi kehancuran.

Baca juga: Dear Wanita, Ini Kosmetik Yang Berbahaya Untuk Tubuhmu

Sebagian besar proyeksi kenaikan permukaan laut dan ancaman yang ditimbulkannya terhadap kota-kota di garis pantai berlangsung hingga akhir abad ini dan berkisar dari setengah meter hingga kurang dari dua kali lipat, tergantung pada seberapa cepat polusi karbon berkurang.

Tapi lautan akan terus membengkak selama ratusan tahun setelah tahun 2100 – dialiri oleh lapisan es yang mencair, panas yang terperangkap di lautan dan dinamika air yang memanas – tidak peduli seberapa agresif emisi gas rumah kaca ditarik, temuan menunjukkan.

“Sekitar 5 persen dari populasi dunia saat ini tinggal di daratan di mana tingkat air pasang diperkirakan akan meningkat berdasarkan karbondioksida yang telah ditambahkan aktivitas manusia ke atmosfer,” kata penulis utama Ben Strauss, CEO dan kepala ilmuwan dari Climate Central kepada AFP.

Konsentrasi CO2 hari ini – yang bertahan selama ratusan tahun – adalah 50 persen lebih tinggi daripada tahun 1800, dan suhu permukaan rata-rata bumi telah meningkat 1,1 derajat Celcius.

Itu cukup untuk akhirnya menaikkan permukaan laut hampir dua meter (lebih dari enam kaki), apakah itu membutuhkan waktu dua abad atau 10, kata Strauss.

Leave a Reply