Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 29, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

10 Pemilik Klub Sepak Bola Dunia dengan Kekayaan Bersih Tertinggi 2021 (Bagian 1)

Topcareer.id – Ramainya kabar spekulasi pengambilalihan salah satu klub Liga Premier Inggris, Newcastle United oleh Arab Saudi selama berbulan-bulan akhirnya rampung.

Konsorsium tiga pihak terlibat dalam pengambilalihan termasuk Saudi Arabia Public Investment Fund (PIF), venture capital and private equity company PCP Capital Partners, kemudian ada RB Sports and Media.

Sempat ramai kontroversi mengenai seputar keterlibatan PIF dalam akusisi tersebut.

Namun, konsorsium berhasil menunjukkan bahwa Arab Saudi tidak akan memiliki kendali atas klub dan karena itu mampu lulus ujian tes Litmus dari Liga Premier Inggris.

Fans gembira melihat kepemilikan klub dari Mike Ashley yang pelit sudah berakhir dan kini menantikan Newcastle kembali ke masa jayanya.

Lalu, di mana peringkat Newcastle United saat ini yang telah bergabung dalam deretan top 10 pemilik klub sepak bola terkaya dengan kekayaan bersih tertinggi? Berikut ini daftarnya.

Bagian pertama dari artikel:

10) Guo Guangchang (Wolverhampton Wanderers, Liga Premier Inggris) £5,2 miliar

Guo Guangchang, ketua Fosun Group adalah pemilik klub sepak bola ke-10 terkaya di dunia dengan kekayaan bersih £5,2 miliar.

Berasal dari provinsi Zhejiang China Timur, Guangchang telah menjadi ketua perusahaan sejak tahun 1994.

Konglomerat ini berbasis di Shanghai dan Hong Kong dan awalnya bekerja pada riset pasar.

Namun, setelah berkembang dan menemukan kesuksesan di industri perawatan kesehatan dan real estat, Fosun menjadi salah satu perusahaan investasi terbesar di seluruh dunia.

Mereka mengalihkan perhatian mereka untuk berinvestasi dalam olahraga dan mengakuisisi Wolverhampton Wanderers dari pemilik sebelumnya Steve Morgan pada tahun 2016 senilai £ 45 juta.

Mereka dengan cepat mengubah klub dari kelas bawah menjadi tim papan tengah Liga Premier Inggris dalam waktu lima tahun.

9) Zhang Jindong (Inter Milan, Liga Italia Serie A) £6,2 miliar
Terlepas dari masalah keuangan Inter Milan baru-baru ini, tim Serie A biru hitam ini dimiliki salah satu pemilik klub terkaya di dunia.

Zhang Jindong (58) adalah pendiri dan stakeholder retailer Suning dan membeli saham mayoritas di salah satu klub bola raksasa Italia itu melalui perusahaan induk pribadinya pada Juni 2016.

Klub akhirnya menuai hasil dari investasi Jindong setelah Nerrazurri mengakhiri penantian 11 tahun mereka untuk meraih gelar juara Serie A pada musim 2020-21.

Namun, pandemi telah membuat klub mendapat masalah keuangan musim panas tahun ini yang membuat pelatih dan beberapa pemain penting dijual.

8) Stan Kroenke (Arsenal, Liga Premier Inggris) – £6,8 miliar
Arsenal hanyalah salah satu dari banyak tim olahraga global yang dimiliki oleh orang Amerika Stan Kroenke yang juga pemilik LA Galaxy Rams, klub basket NBA Denver Nuggets dan Colorado Rapids.

Kroenke menikah dengan Ann Walton, pewaris supermarket terpopuler di AS, Walmart pada tahun 1974 dan mendirikan grup developer real estate – Grup Kroenke.

Kroenke pertama kali membeli saham di Arsenal pada 2008, sebelum meningkatkan kepemilikannya menjadi sekitar 62 persen pada 2011.

Kurangnya investasi di klub telah membuat mereka gagal bersaing di puncak Liga Premier Inggris dalam beberapa tahun terakhir.

Namun Kroenke baru-baru ini menghabiskan £ 150 juta untuk transfer pemain musim panas tahun 2021.

Baca juga: Meski Digabung, Harta Ronaldo dan Messi Tak Mampu Kalahkan Kekayaan Michael Jordan

7) Philip Anschutz (LA Galaxy, Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat) – £8,1 miliar
Philip Anschutz berkelana ke dunia olahraga setelah sebelumnya terlibat dalam bisnis keluarga pengeboran minyak.

Miliarder berusia 81 tahun itu adalah salah satu anggota pendiri liga sepak bola Amerika Serikat atau MLS dan ia memiliki banyak klub.

Anschutz mempunyai saham kepemilikan di Los Angeles Galaxy, Chicago Fire, Colorado Rapids, Houston Dynamo, San Jose Earthquakes dan DC United.

Ia kemudian menjual semua sahamnya ke klub lain sementara hanya mempertahankan sebagian besar sahamnya di Los Angeles Galaxy.

LA Galaxy menjadi salah satu klub paling menonjol di Amerika dan mendapatkan pengakuan di seluruh dunia ketika mereka berhasil mendaratkan David Beckham pada tahun 2007.

6) Roman Abramovich (Chelsea, Liga Premier Inggris) – £10,5 miliar
Pemilik Chelsea asal Rusia Roman Abramovich (54) membeli klub tersebut pada tahun 2003 dan dalam sekejap mengubahnya menjadi salah satu klub terkemuka di Liga Premier Inggris dan zona Eropa.

Abramovich menghasilkan banyak uang pada 1990-an, pendapatan terbesarnya datang dari perdagangan petrokimia dan minyak.

Di bawah kepemilikan Abramovich, Chelsea telah memenangkan beberapa trofi utama termasuk lima gelar Liga Premier Inggris, dua Liga Champions Eropa Serta lima Piala FA.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan